Pengembangan Media Poster untuk Meningkatkan kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V SDN Joho 5 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

YUHANITA KUSUMAWARDHANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0149

Abstract

ABSTRAK Yuhanita Kusumawardhani: Pengembangan Media Poster Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Siswa Kelas V SDN Joho 5 Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan wawancara guru kelas V SDN Joho V. Hasil wawancara dengan guru diperoleh informasi bahwa nila isiswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia masih di bawah KKM (70). Salah satu penyebabnya adalah guru tidak menggunakan media untuk menyampaikan materi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu adanya media yang dikembangkan sesuai dengan materi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu 1) Analysis (Analisis), 2)Development(Desain),3)Implementation (Implementasi), dan 4)Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan angket.Tes digunakan untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa setelah penggunaan media poster. Sedangkan angket untuk mengetahui penilaian ahli terhadap media poster dan respon guru siswa terhadap media poster. Hasil penelitian ini adalah media poster dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi 2 ahli dengan rata-rata kevalidan total menghasilkan skor kevalidan sebesar 80% yang termasuk dalam kategori “Baik”. Hasil data respon siswa memperoleh hasil akhir 87,5% pada uji terbatas dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil data respon siswa pada uji coba perluasan diperoleh hasil 86,56% juga dengan kategori “Sangat Baik”. Pada hasil uji coba terbatas, angket respon guru memperoleh hasil akhir 82% dengan kategori kepraktisan “Sangat Praktis” Sedangkan hasil data respon guru pada uji coba perluasan memperoleh hasil akhir 88% dengan kategori kepraktisan “Sangat Praktis”. Dari hasil pre-tes diperoleh persentase ketuntasan siswa sebesar 55%, sedangkan persentase ketuntasan siswa setelah dilakukan post-tes adalah 89% (ada peningkatan 34%). Dari hal tersebut dapat dinyatakan bahwa pengembangan media poster materi mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia efektif. Kata Kunci: Media poster, ADDIE, kemampuan mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI