Pengaruh Model Cooperatif Integrated Raeding And Composition Didukung Pendekatan PAILKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif Dan Menarik) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi Dan Transportasi Siswa Kelas 4 MI Al-Falah Mojokerep Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri Tahun ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

HERMAN HIDAYAT PRATAMA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0148

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPS di SD/MI masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan meteri. Akibatnya siswa menjadi kurang tertarik dan pasif dalam pembelajaran yang akan berdampak pada hasil belajar siswa yag rendah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi tanpa model CIRC didukung pendekatan PAILKEM. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi menggunakan model CIRC didukung pendekatan PAILKEM. (3) Untuk mengetahui pengaruh model CIRC didukung pendekatan PAILKEM terhadap hasil belajar kognitif materi perkembangan tekonologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretest-posttest control group . Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV MI Al-Falah Mojokerep dan MI Al-Khoiriyah Tegowangi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes. Pada tabel 4.10 Uji Hipotesis 1 ( Paired Samples test ) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 dan untuk mengetahui data tersebut homogen atau tidak dilakukan perbandingan antara Sig dengan taraf 5% (0,05) dengan ketentuan nilai Sig. (2-tailed) ?0,05 maka data variansi adalah tidak sama, dan jika Sig. (2-tailed) ? 0,05 maka data variansi adalah sama. Diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 yang berarti lebih kecil dari pada 0,05 sehingga Ho yang menyatakan “tidak ada perbedaan variansi dalam kelompok sampel” ditolak. Pada tabel 4.11 Uji Hipotesis 2 ( Paired Samples test ) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 dan untuk mengetahui data tersebut homogen atau tidak dilakukan perbandingan antara Sig dengan taraf 5% (0,05) dengan ketentuan nilai Sig. (2-tailed) ? 0,05 maka data variansi adalah tidak sama, dan jika Sig. (2-tailed) ? 0,05 maka data variansi adalah sama. Diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 yang berarti lebih kecil dari pada 0,05 sehingga Ho yang menyatakan “tidak ada perbedaan variansi dalam kelompok sampel” ditolak. Pada tabel 4.12 Uji Hipotesis 3 ( Independent Samples test ) di atas diperoleh hasil sig. (2- tailed) yaitu 0,009. Sehingga nilai sig. (2- tailed) ? 0,05 maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh model pembelajaran CIRC didukung dengan pendekatan PAILKEM terhadap materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi pada siswa kelas IV semester I MI Al Falah Mojokerep, Kec. Plemahan tahun ajaran 2016/2017”. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Berdasarkan analisis deskritif maka nilai rata-rata posttest kelompok kontrol yaitu 70,76 berada dibawah KKM 75. (2) Berdasarkan analisis deskriptif maka rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 78,48 berada di atas KKM 75. (3) Berdasarkan analisis data uji t pada hipotesis 3 didapatkan hasil nilai t-hitung sebesar 2,703 > t-tabel sebesar 2,005 (5%) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar kognitif materi Perkembangan Tekonologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi tanpa menggunakan model CIRC didukung pendekatan PAILKEM pada siswa kelas IV MI Al-Khoiriyah Tegowangi di bawah KKM. (2) Hasil belajar kognitif materi Perkembangan Tekonologi Produksi, Komunikasi dan Transportasi menggunakan model CIRC didukung pendekatan PAILKEM pada siswa kelas IV MI Al-Falah Mojokerep di atas KKM. (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model CIRC didukung pendekatan PAILKEM terhadap hasil belajar kognitif materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan trasportasi siswa kelas IV MI Al-Falah Mojokerep Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI