PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN (POE) DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 DEMUK KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Author (Penulis)
ALFINA SAHARA NI`MAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0145
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti. 1) Bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan, dengan menggunakan Teknik POE tanpa didukung media video siswa kelas V SDN Demuk 5 Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan, dengan menggunakan Teknik POE didukung media video siswa kelas V SDN Demuk 1 Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017? (3)Adakah pengaruh Teknik POE didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan siswa kelas V SDN Demuk 1 dan SDN 5 Demuk Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2016/2017? Berdasarkan hasil posttest dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Hasil penggunaan teknik POE tanpa media video tidak berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan. Dengan nilai rata rata 70,80. (2) Hasil penggunaan Teknik POE didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan. Dengan nilai rata rata diatas KKM yaitu 85,60. (3) Hasil kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan menggunakan Tenik POE didukung video dengan teknik POE tanpa media video terbukti dengan t-hitung 3,354 t-tabel 2,024 taraf sig (5%) sehingga t-hitung > t-tabel dengan df 38 dan sign (2-tailed) 0,001 < 0,05.
Kata Kunci: Predict-Observe-Explain(POE), media video, Kemampuan Mengidentifikasi Penyesuaian Diri Hewan dengan Lingkungan.