PENGARUH METODE CLASSWIDE PEER TUTORING DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SDN PULOTONDO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

INTAN WAHYU ROHANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0143

Abstract

ABSTRAK Intan Wahyu Rohana : Pengaruh Metode Classwide Peer Tutoring didukung Media Tiga Dimensi terhadap Kemampuan Menjelaskan Pesawat Sederhana pada Siswa Kelas V SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA kelas V selain dilakukan dengan metode konvensional yang hanya terpusat pada guru metode lain yang dilakukan guru yaitu ceramah, pemberian tugas dan soal-soal. Siswa tidak berani mengemukakan pendapat maupun bertanya tentang materi pelajaran yang belum dimengerti. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam menjelaskan pesawat sederhana. Untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pesawat sederhana, adalah dengan metode Classwide peer tutoring berbantu media tiga dimensi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimanakah kemampuan menjelaskan pesawat sederhana tanpa menggunakan metode classwide peer tutoring dan tanpa media tiga dimensi siswa kelas V SDN Pulotondo 2 Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimanakah kemampuan menjelaskan pesawat sederhana menggunakan metode classwide peer tutoring didukung media tiga dimensi siswa kelas V SDN Pulotondo 1 Kabupaten Tulungagung? (3) Adakah pengaruh penggunaan metode classwide peer tutoring didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana siswa kelas V SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Pulotondo. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Skor nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas kontrol sebesar 78,5 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 82,73. Nilai tersebut sejalan dengan hasil analisis menggunakan uji t sampel bebas diperoleh P value (sign) < 0,05 yaitu 0,028< 0,05. Maka H0 ditolak. Sebagaimana telah ditetapkan Jika P value (sign) < 0,05, maka tidak signifikan, H0 ditolak. Simpulan hasil penelitian ini adalah. (1) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana siswa kelas V tanpa menggunakan metode classwide peer tutoring dan tanpa media tiga dimensi mencapai KKM. (2) Kemampuan menjelaskan pesawat sederhana siswa kelas V dengan menggunakan metode classwide peer tutoring didukung media tiga dimensi melebihi batas KKM. (3) Ada pengaruh metode classwide peer tutoring didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan menjelaskan pesawat sederhana siswa kelas V SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Kata kunci: metode classwide peer tutoring, media tiga dimensi, materi pesawat sederhana.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI