PENGARUH MODEL GLASSER DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN STRUKTUR DAN FUNGSI DAUN PADA SISWA KELAS IV SDN PULOTONDO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

RIA USWATUN KHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0142

Abstract

ABSTRAK Ria Uswatun Khasanah: Pengaruh Model Glasser didukung Media Konkret terhadap Kemampuan Menjelaskan Struktur dan Fungsi Daun pada Siswa Kelas IV SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung bahwa pembelajaran IPA masih didominasi oleh peran guru. Dalam pembelajaran guru masih belum menggunakan strategi/ model/ metode yang variatif dan masih menggunakan metode ceramah. Akibatnya, suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kemampuan menjelaskan struktur dan fungsi daun sebelum menggunakan model glasser didukung media konkret terhadap siswa kelas IV SDN Pulotondo. (2) Mengetahui kemampuan menjelaskan struktur dan fungsi daun dengan menggunakan model glasser didukung media konkret terhadap siswa kelas IV SDN Pulotondo. (3) Mengetahui pengaruh menggunakan model glasser didukung media konkret terhadap kemampuan menjelaskan struktur dan fungsi daun pada siswa kelas IV SDN Pulotondo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa lembar observasi, RPP dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistic inferensial dengan uji-t dan menggunakan program SPSS for windows versi 23. Berdasarkan hasil analisis diperoleh, nilai t-hitung 4,488 > t-tabel (5%) 2,024 dan nilai rata-rata kelas control = 72,25, nilai rata-rata kelas eksperimen = 84,75. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menjelaskan struktur dan fungsi daun sebelum menggunakan model glasser didukung media konkret pada siswa kelas IV SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung masih di bawah KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 56,00 dan nilai rata-rata posttest sebesar 72,25. (2) Kemampuan menjelaskan struktur dan fungsi daun menggunakan model glasser didukung media konkret pada siswa kelas IV SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung masih di bawah KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest sebesar 57,50 dan nilai rata-rata posttest sebesar 84,75. (3) Ada pengaruh penggunaan model glasser didukung media konkret pada siswa kelas IV SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung yang dibuktikan dengan hasil uji-t independent sample t-test dengan nilai t-hitung 4,488 > t-tabel (5%) 2,024. Kata Kunci: model glasser, media konkret, materi struktur dan fungsi daun.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI