PENGARUH MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL PENTINGNYA MEMILIKI HARGA DIRI PADA SISWA KELAS III SDN PULOTONDO KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

BINTI SEFTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0140

Abstract

ABSTRAK Binti Seftiana: Pengaruh Model Value Clarification Technique didukung Media Audiovisual terhadap Kemampuan Mengenal Pentingnya Memiliki Harga Diri pada Siswa Kelas III SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan di SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung bahwa pembelajaran PKn masih didominasi oleh peran guru. Dalam pembelajaran guru masih belum menggunakan strategi/model/metode yang bervariatif dan sering menggunakan metode ceramah Akibatnya, susasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang cenderung rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengenal pentingnya memiliki harga diri tanpa menggunakan model Value Clarification Technique dan tanpa media audiovisual pada siswa kelas III SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimanakah kemampuan mengenal pentingnya memiliki harga diri dengan meggunakan model Value Clarification Technique didukung media audiovisual pada siswa kelas III SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung? (3) Adakah pengaruh penggunaan model Value Clarification Technique didukung media audiovisual terhadap kemampuan mengenal pentingnya memiliki harga diri pada siswa kelas III SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017?. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi, RPP dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji-t dengan menggunakan program SPSS 18 for windows. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengenal pentingnya memiliki harga diri tanpa menggunakan model Value Clarification Technique dan tanpa media audiovisual pada siswa kelas III SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung masih di bawah KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata posttest sebesar 72,75. (2) Kemampuan mengenal pentingnya memiliki harga diri dengan meggunakan model Value Clarification Technique didukung media audiovisual pada siswa kelas III SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung mencapai nilai di atas KKM, dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata posttest sebesar 87,25. (3) Ada pengaruh penggunaan model Value Clarification Technique didukung media audiovisual terhadap kemampuan mengenal pentingnya memiliki harga diri pada siswa kelas III SDN Pulotondo Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan hasil uji-t independent sample t-test dengan nilai t-hitung 5,834 > t-tabel (5%) 2,024. Kata kunci: model Value Clarification Technique (VCT), media audiovisual, materi harga diri.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI