PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN STRUKTUR BUMI SISWA KELAS V SD


Author (Penulis)

RIZKY KURNIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0139

Abstract

Rizky Kurniawan : Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa Kelas V SD, Skripsi, PGSD UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran materi struktur bumi yang diajarkan di SD kelas V masih menggunakan media yang konvensional yaitu menggunakan gambar struktur bumi. Hasilnya, siswa tidak dapat mendeskripsikan struktur bumi dengan baik. Selain itu, ketertertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung pasif karena guru hanya menggunakan media berupa gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media multimedia interaktif untuk meningkatkan kemampuan mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V sekolah dasar. (2) Mendeskripsikan penggunaan produk pengembangan media multimedia interaktif berdasarkan faktor validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Develipment), yaitu penelitain dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan langkah-langkah meliputi, (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Dengan subjek penelitian siswa kelas V SD serta guru kelas V SD. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengelola data dari hasil tinjauan ahli dan pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur utama dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) membuat desain media pembelajaran multimedia interaktif, (3) mengembangkan media multimedia interaktif, (4) mengimplementasikan media pembelajaran multimedia interaktif, dan (5) evaluasi akhir media pembelajaran multimedia interaktif. Selanjutnya hasil analisis uji coba produk menunjukkan tingkat kevalidan mecapai 4,7, kepraktisan produk mencapai 4,4 dan 4,55, serta keefektifan produk mencapai nilai 81,5. Dengan demikian produk multimedia interaktif ini dinyatakan valid, praktis serta efektif. Kata kunci : Kata kunci: pengembangan media, media pembelajaran, multimedia interaktif, kemampuan mendeskripsikan, struktur bumi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI