PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

NURUL MAHANANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0138

Abstract

Abtrak Nurul Mahanani: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas IV Sekolah Dasar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada materi perubahan wujud benda kelas IV Sekolah Dasar. (2) mengetahui bagaimana kualitas LKS berbasis POE pada materi perubahan wujud benda jika dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitianmenggunakan model pengembangan Borg san Gall yang meliputi : Penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan LKS berbasis POEuji coba produk awal, revisi LKS berbasis POE, uji coba lapangan, revisi LKS, uji coba produk akhir, revisi produk akhir, dan implementasi. Desain penelitian terbagi menjadi tiga tahap, yaitu: validasi ahli materi, validasi ahli desain, validasi ahli praktisi dan uji coba lapangan menggunakan nilai sebelum dan sesudah menggunakan LKS berbasis POE. Subjek uji coba sebanyak 25 siswa klas IV SDN Lirboyo 2 dan 4 Kota Kediri. Data pengembangan LKS berbasis POE dikumpulkan dengan lembar observasi guru, hasil belajar dan angket siswa. Uji t independen digunakan untuk melihatpengaruh pngembangan LKS terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan LKS di SDN Lirboyo 2 belumberbasis POE, sehingga perlu dikembangkan LKS berbasis POE. Pada tahapvalidasi, pengembangan LKS berbasis POE telah dinilai valid oleh validator materi dan desain. Pengembangan LKS berbasis POE tergolong tinggi (persentase 88,12%). Pada validasi praktisi, pengembangan LKS berbasis POE dikategorikan dapat digunakan tanpa revisi. Selain itu, dari segi keefektifan dikategorikan baik dengan ketuntasan keseluruhan 80%. Pengaruh pengembanganLKS berbasis POE pada materi perubahan wujud benda terhadap hasil belajar menggunakan uji t menunjukkanperbedaan nyata dari rata-rata selisih nilai sebelum dan sesudah menggunakan LKS yang dikembangkan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis Predict-Observe-Explain pada materi perubahan wujud benda kelas IV dapat meningkatan hasil belajar siswa dan memiliki pengaruh trhadap hasil belajar siswa. Selain itu dari segi kualitas, LKS berbasis POE pada materi perubahan wujud benda sudah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Predict-Observe-Explain, perubahan wujud benda

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI