PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2


Author (Penulis)

BILLI MARINGGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0137

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2 BILLI MARINGGA 13.1.01.10.0137 FKIP – PGSD bmaringga@gmail.com Pembimbing I : Aan Nurfahrudianto, M.Pd. Pembimbing II : Drs. Darsono, M.Kom. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Billi Maringga: Pengaruh Model Webbed terhadap Hasil Belajar pada Tema Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SDN Sukorame 2, Skripsi, Pgsd, FKIP UN PGRI Kediri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa aktifitas pembelajaran tidak bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Karena penyajian materi yang tidak didasarkan pada kait berkaitnya konsep yang menyebabkan peserta didik kurang dapat memahami materi pelajaran yang diajarkan guru. Aktivitas belajar yang tidak maksimal menyebabkan rendahnya hasil belajar. Permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana aktivitas guru menggunakan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2? (2) Bagaimana aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran webbed terhadap hasil belajar pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorame 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) Hasil penelitian menunjukkan dengan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan aktivitas guru pada pertemuan pertama mencapai 80%, sedangkan pada pertemuan kedua aktivitas guru mencapai 90% dan pada pertemuan ketiga mencapai 100%. (2) Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 52,5%, sedangkan pada pertemuan kedua aktivitas siswa mencapai 70% dan pada pertemuan ketiga mencapai 75%. (3) Ada pengaruh model pembelajaran webbed terhadap hasil belajar pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2. Dibuktikan dengan hasil uji independent samlpe test dengan t-hitung > t-tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,994. Dari hasil uji t tersebut diketahui P value (sign) < 0,05 yaitu 0,007< 0,05. Kata Kunci : model pembelajaran webbed.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI