PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2
Author (Penulis)
BILLI MARINGGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0137
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEBBED TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SISWA KELAS IV SDN SUKORAME 2
BILLI MARINGGA
13.1.01.10.0137
FKIP – PGSD
bmaringga@gmail.com
Pembimbing I : Aan Nurfahrudianto, M.Pd. Pembimbing II : Drs. Darsono, M.Kom.
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Billi Maringga: Pengaruh Model Webbed terhadap Hasil Belajar pada Tema Indahnya Kebersamaan Siswa Kelas IV SDN Sukorame 2, Skripsi, Pgsd, FKIP UN PGRI Kediri.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa aktifitas pembelajaran tidak bisa memperbaiki dan meningkatkan kualitas belajar siswa. Karena penyajian materi yang tidak didasarkan pada kait berkaitnya konsep yang menyebabkan peserta didik kurang dapat memahami materi pelajaran yang diajarkan guru. Aktivitas belajar yang tidak maksimal menyebabkan rendahnya hasil belajar.
Permasalahan pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Bagaimana aktivitas guru menggunakan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2? (2) Bagaimana aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran webbed terhadap hasil belajar pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Sukorame 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut (1) Hasil penelitian menunjukkan dengan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan aktivitas guru pada pertemuan pertama mencapai 80%, sedangkan pada pertemuan kedua aktivitas guru mencapai 90% dan pada pertemuan ketiga mencapai 100%. (2) Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model pembelajaran webbed pada tema indahnya kebersamaan aktivitas siswa pada pertemuan pertama mencapai 52,5%, sedangkan pada pertemuan kedua aktivitas siswa mencapai 70% dan pada pertemuan ketiga mencapai 75%. (3) Ada pengaruh model pembelajaran webbed terhadap hasil belajar pada tema indahnya kebersamaan siswa kelas IV SDN Sukorame 2. Dibuktikan dengan hasil uji independent samlpe test dengan t-hitung > t-tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 1,994. Dari hasil uji t tersebut diketahui P value (sign) < 0,05 yaitu 0,007< 0,05.
Kata Kunci : model pembelajaran webbed.