PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SUPLEMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN NGADIREJO 5 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

RIZZA HALIMATUS SA'DIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0134

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan, bahwa pembelajaran IPA di SD masih menitikberatkan guru sebagai peran utama dalam pembelajaran. Guru lebih banyak menjelaskan, memberikan contoh soal dan kemudian siswa mencatat dan mendengarkan sehingga kemampuan mengidentifikasi siswa masih rendah dan belum sesuai dengan kriteria ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang monoton dan tidak ada variasinya.Bahkan ada beberapa bagian yang hanya berupa uraian materi saja tanpa ada keterangan gambar. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk bahan ajar suplemen pada materi mengidentifikasipenyesuaian diri hewan terhadap lingkungan. Model pengembangan untuk mengembangkan bahan ajar suplemen mengacu pada model pengembangan dengan pendekatan ADDIE yang mencakup 5 tahap yaitu analysis (analisis), desain (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi).Penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar validasi (checklist)¸ angket respon siswa, perangkat pembelajaran dan tes. Kesimpulan hasil penelitian ini yaitu prosedur pengembangan bahan ajar suplemen pada materi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan mengacu pada model pengembangan dengan pendekatan ADDIE.Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan terhadap lingkungan dengan menggunakan bahan ajar suplemen pada siswa kelas V SDN Ngadierjo 5 Kota Kediri mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil nilai pre-test dan post-test siswa. Pada penilaian pre-test terdapat 19 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM (70). Sedangkan pada nilai post-test siswamengalami peningkatan yaitu hanya 1 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (70). Nilai rata-rata pada soal pre-test adalah 59,12 dan rata-rata nilai post-test siswa adalah 85,71, hal ini membuktikan bahwa nilai post-test lebih banyak daripada nilai pre-test yang berarti nilai siswa SDN Ngadirejo 5 mengalami peningkatan. Respon siswa terhadap bahan ajar suplemen yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh presentase 88,33 % masuk dalam kategori sangat valid dan sangat baik untuk digunakan. Dan juga rata-rata skor yang didapat dari angket respon siswa tersebut menunjukkan angka 4,42 yang berarti rata-rata siswa kelas V SDN Ngadirejo 5 Kota Kediri “setuju” dengan penggunakan bahan ajar suplemen. KATA KUNCI :Bahan ajar suplemen, komik, kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI