PENGEMBANGAN CROSSWORD PUZZLE MATERI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGANNYA KELAS V SDN KAYEN KIDUL TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NOVI DWI NARTI DIYAN INDAH FILAELI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0132

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dari pembelajaran IPA di SDN Kayen Kidul belum berjalan dengan maksimal. Penggunaan metode ceramah dan penggunaan media yang tidak menarik atau belum meningkatkan minat belajar siswa baik secara individu maupun kelompok. Sehingga hal tersebut menciptakan pembelajaran yang monoton dan hasil belajar siswa rendah terutama dalam kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengidentifikasi melalui Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) materi penyesuaian diri hewan dengan lingkungannya kelas V SDN Kayen Kidul Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimanakah menyempurnakan kualitas Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) materi penyesuaian diri hewan dengan lingkungannya jika dilihat dari kevalidan, kepraktisan dan keefektifan? Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan yang mengacu pada desain Borg and Gall, dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kayen Kidul Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket validasi materi, media, praktisi dan angket respon siswa serta tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini adalah hasil kevalidan dari ahli materi 78,85%, ahli media 80%. Oleh karena itu, media sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Kepraktisan dari ahli praktisi memperoleh 81,13%, dan angket respon siswa dalam uji luas 82,15%. Sedangkan analisis keefektifan dalam uji luas memperoleh hasil 92,30% sehingga media dapat Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) memberikan pengaruh dan meningkatkan hasil belajar siswa dan dinyatakan valid, praktis dan efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, diharapkan guru hendaknya mampu mengembangkan media pembelajaran yang menarik, supaya dapat memotivasi belajar siswa, dan meningkatkan kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, dalam proses pembelajaran sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan dapat menarik, memotivasi serta meningkatkan kemampuan belajar siswa, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. KATA KUNCI : Crossword Puzzle, Penyesuaian Diri Hewan dengan Lingkungannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI