PENGEMBANGAN MEDIA SIMULASI PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MAKANAN DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SDN NGRONGGOT 1 KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

EDA ERA SUTA MULYONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0131

Abstract

Eda Era Suta Mulyono: Pengembangan Media Simulasi Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Fungsi Organ Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Makanan dan Kesehatan Siswa Kelas V SDN Ngronggot 1 Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi proses pembelajaran dan wawancara guru kelas V di SDN Ngronggot 1, bahwa pembelajaran IPA masih didominasi guru dengan metode ceramah tanpa menggunakan media sehingga siswa kurang aktif dan suasana kelas menjadi monoton dan membosankan. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah media simulasi pencernaan manusia yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN NGRONGGOT 1 valid? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan sebelum menggunakan media simulasi pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN NGRONGGOT 1? (3) Apakah penggunaan media simulasi pencernaan manusia mampu meningkatkan kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan pada siswa kelas V SDN NGRONGGOT 1?, dan (4) Bagaimana tanggapan siswa kelas V terhadap media simulasi pencernaan manusia yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA di SDN NGRONGGOT 1? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R n D) dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Ngronggot 1. Model pengembangan penelitian yang digunakan adalah ADDIE dari Robert, menggunakan instrumen berupa lembar checklist, angket respon siswa, perangkat pembelajaran serta tes. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media simulasi pencernaan manusia yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN NGRONGGOT 1 valid. (2) Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan sebelum menggunakan media simulasi pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN NGRONGGOT 1 kurang baik. (3) Penggunaan media simulasi pencernaan manusia mampu meningkatkan kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan pada siswa kelas V SDN NGRONGGOT 1, dan (4) Tanggapan siswa kelas V terhadap media simulasi pencernaan manusia yang dikembangkan dalam pembelajaran IPA di SDN NGRONGGOT 1 sangat baik. KATA KUNCI :Media Simulasi, Mengidentifikasi, Fungsi Organ, Siswa Kelas V

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI