PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING DIDUKUNG METODE EKSPERIMEN TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN TERJADINYA PERUBAHAN WUJUD CAIR, PADAT, DAN GAS SISWA KELAS IV SDN LIRBOYO 4 TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LUTFIATUS ZAHRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0130

Abstract

ABSTRAK Lutfiatus Zahro’: pengaruh model pembelajaran open ended learning didukung metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair, padat, dan gas siswa kelas IV Sdn Lirboyo 4 Kediri tahun ajaran 2016/2017 Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar masih didominasi oleh model pembelajaran konvensional. Sehingga siswa kurang aktif dalam belajar dan hasil belajar cenderung rendah. Tujuan penelitian ini ada sebagai berikut (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud padat, cair, dan gas tanpa menggunakan model pembelajaran Open Ended Learning dan metode eksperimen siswa kelas 4 SDN Lirboyo 4 (2) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud padat, cair, dan gas dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended Learning dan metode eksperimen siswa kelas 4 SDN Lirboyo 4 (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Open Ended Learning didukung metode eksperimen dalam mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud padat, cair, dan gas siswa kelas 4 SDN Lirboyo 4.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi experimental design dengan bentuk pretest posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajarann dan tes. Teknik analisis data menggunakan t-test.Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan materi perubahan wujud cair, padat, dan gas. Dari hasil analisis data, pada kelas eksperimen (kelas IV B) pembelajaran menggunakan model pembelajaran open ended learning didukung metode eksperimen nilai rata – rata siswa adalah 85,10 dengan ketuntasan mencapai 76,2 %. Sedangkan kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud cair, padat, dan gas pada kelas kontrol ( kelas IV A) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata – rata 74,78 dengan ketuntasan sebesar 27,8 %. Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran open ended learning didukung metode eksperimen terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud padat, cair, dan gas pada siswa kelas IV B SDN Lirboyo 4 tahun ajaran 2016 – 2017. KATA KUNCI : model open ended learning, metode eksperimen, kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud cair, padat, dan gas

Keyword

MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED LEARNING DIDUKUNG METODE EKSPERIMEN

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade