Pengaruh Metode Brainstorming Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita Siswa Kelas V SDN Jagalan 3 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SANDY KUKUH RIANSYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0129

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan pengalaman peneliti di SDN Jagalan 3 Kota Kediri yang menunjukkan bahwa kemapuan mengidentifikasi unsur cerita tergolong rendah. Hal tersebut terbukti dari hasil kemammpuan mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V SDN Jagalan 3, hanya terdapat 40% siswa dalam kelas yang mencapai nilai KKM(75). Hal tersebut disebabkan antara lain saat guru menyampaikan materi pembelajaran mengenai aspek mendengarkan masih menggunakan lisan atau ucapan langsung dan belum menggunakan metode dan media yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga membuat aktivitas siswa monoton, membosankan dan kurang menarik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian mencoba untuk menggunakan metode brainstorming didukung media audio visual dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur cerita. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi unsur cerita tanpa menggunakan metode brainstorming didukung media audio visual pada siswa kelas V semester 2 SDN Jagalan 1 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017?, (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi unsur cerita dengan menggunakan metode brainstorming didukung media audio visual pada siswa kelas V smester 2 SDN Jagalan 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017?, Adakah pengaruh metode brainstorming didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita pada siswa kelas V semester 2 SDN Jagalan 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen murni (True-Experimental Design), desain tes akhir dua kelompok (Posttest Only Control Design). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V Jagalan 1 dan kelas V Jagalan 3 yang masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung (3,070) ? ttabel (2,024) pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 38, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode branstorming didukung media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur cerita siswa kelas V SDN Jagalan 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan metode brainstorming didukung media audio visual untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi unsur cerita KATA KUNCI : Metode Brainstorming, Media Audio Visual, Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Cerita

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI