PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN BAGIAN BUNGA DAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN GAYAM KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

LILIS ENDAH NURANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0125

Abstract

ABSTRAK Lilis Endah Nurani. Pengaruh model Children Learning In Science dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap kemampuan mendeskripsikanbagian bungan dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Gayam Kec. Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017, Skipsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan bagian bunga dan fungsinya menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model Children Learning In Science (CLIS). Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Apakah model pembelajaran CLIS dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan bagian bunga dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Gayam 2 Kec. Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 ? (2) Apakah model pembelajaran CLIS tanpa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan bagian bunga dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Gayam 1 Kec. Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017 ? (3) Adakah perbedaan pengaruh model Pembelajaran CLIS dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dibandingkan dengan CLIS tanpa memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap kemampuan mendeskripsikan bagian bunga dan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Gayam 1 dan 2 Kec. Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2016/ 2017 ? Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian True Eksperimental Designs dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam kec. Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model CLIS dengan pemanfaatan lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan mendiskripsikan bagian bunga dan fungsinya, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (4,587) > ttabel 1% (2,724). serta dengan ketuntasan klasikal mencapai 80,83%. (2) Penggunaan model CLIS tanpa pemanfaatan lingkungan berpengaruh terhadap kemampuan mendekripsikan bagian bunga dan fungsinya, thitung (2,754) > ttabel 1% (2,724) dengan ketuntasan klasikal 49,11%. (3) Ada perbedaan pengaruh antara model CLIS dengan pemanfaatan lingkungan dibanding model CLIS tanpa pemanfaatan lingkungan terhadap kemampuan mendeskripsikan bagian dan fungsinya pada siswa kelasIV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, dengan hasil perhitungan thitung (3,799) > ttabel 1% (2,647) dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran CLIS dengan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Hal ini terbukti dari rerata posttest kelompok eksperimen 85,03 lebih besar dibanding rerata posttest kelompok kontrol 74,17. Kata Kunci: Children Learning In Science (CLIS), pemanfaatan lingkungan, kemampuan mendeskripsikan bagian bunga dan fungsinya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI