PENGRUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP BEBERAPA HEWAN DI LINGKUNGAN SEKTAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MOJOARUM KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2016-2017
Author (Penulis)
ERVINA WINDA DWIASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0118
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa
pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh guru yang lebih cenderung menggunakan
metode atau model pembelajaran yang sama untuk semua mata pelajaran dan terlalu cepat
dalam mengajar, sehingga peserta didik sulit dalam memahami materi yang telah disajikan
oleh guru. Akibatnya peserta didik menjadi cepat bosan dalam pembelajaran, sehingga peran
pesertadidik dalam proses pembelajaran kurang aktif.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan
hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran
Meaningful Intructional Design didukung media audiovisual dan siswa yang belajar
menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa di SDN 2
Mojoarum Kabupaten Tulungagung Tahun 2016/2017.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 2 Mojoarum
Kabupaten Tulungagung Tahun 2016/2017, yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian
yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Data tentang hasil belajar IPA
dikumpulkan dengan instrumen berupa tes uraian biasa berjumlah 15 butir soal yang valid
dan reliabel. Data ini analisisnya dengan menggunkan uji t.
Kesimpulan Hasil penelitian adalah (1)Penggunaan model Meaningful Intructional
Design (MID) didukung media audiovisual berpengaruhterhadap kemampuan
mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN
2 Mojoarum, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.(2) Penggunaan model
konvensionaldidukung media audiovisualberpengaruh terhadap kemampuan
mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitarpada siswa kelas IV SDN
2 Mojoarum, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.(3) Ada perbedaan pengaruh
penggunaan model Meaningful Intructional Design (MID) didukung media audiovisual
dibandingkan model konvensional didukung media audiovisual terhadap kemampuan
mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN
2 Mojoarum, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.
KATA KUNCI :Meaningful Intructional Design, Audiovisual, Daur Hidup Beberapa hewan