PENGRUH MODEL PEMBELAJARAN MEANINGFUL INTRUCTIONAL DESIGN DIDUKUNG MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN DAUR HIDUP BEBERAPA HEWAN DI LINGKUNGAN SEKTAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN 2 MOJOARUM KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2016-2017


Author (Penulis)

ERVINA WINDA DWIASTUTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0118

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh guru yang lebih cenderung menggunakan metode atau model pembelajaran yang sama untuk semua mata pelajaran dan terlalu cepat dalam mengajar, sehingga peserta didik sulit dalam memahami materi yang telah disajikan oleh guru. Akibatnya peserta didik menjadi cepat bosan dalam pembelajaran, sehingga peran pesertadidik dalam proses pembelajaran kurang aktif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Meaningful Intructional Design didukung media audiovisual dan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa di SDN 2 Mojoarum Kabupaten Tulungagung Tahun 2016/2017. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 2 Mojoarum Kabupaten Tulungagung Tahun 2016/2017, yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Non Equivalent Control Group Design. Data tentang hasil belajar IPA dikumpulkan dengan instrumen berupa tes uraian biasa berjumlah 15 butir soal yang valid dan reliabel. Data ini analisisnya dengan menggunkan uji t. Kesimpulan Hasil penelitian adalah (1)Penggunaan model Meaningful Intructional Design (MID) didukung media audiovisual berpengaruhterhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.(2) Penggunaan model konvensionaldidukung media audiovisualberpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitarpada siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung.(3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model Meaningful Intructional Design (MID) didukung media audiovisual dibandingkan model konvensional didukung media audiovisual terhadap kemampuan mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum, Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung. KATA KUNCI :Meaningful Intructional Design, Audiovisual, Daur Hidup Beberapa hewan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI