PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI DUKUNG METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA SETEMPAT SISWA KELAS IV SD PAWYATAN DAHA KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

GALUH CARDINALIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0117

Abstract

ABSTRAK Galuh Cardinalia: Pengaruh Model Pembelajaran Word Squaredan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Setempat Siswa Kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan kegiatan pembelajaran IPS di SD kelas IV yang menggunakan metode ceramah secara terus menerus. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang seperti ini terasa tidak menyenangkan bagi siswa, sehingga pembelajaran IPS terjadi kurang bermakna yang berakibat materi pembelajaran mudah dilupakan oleh siswa. Permasalahan penelitianini adalah (1) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri ? (2) Bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri ? (3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Word Square dan metode diskusi terhadap kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat pada siswa kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain penelitian sequental explanatory yang menggunakan bentuk penelitian dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 1 Kota Kediri sebagai kelas kontrol 1, siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 2 Kota Kediri sebagai kelas kontrol 2 dan siswa kelas IV SD Pawyatan Daha 1,2 Kota Kediri sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan anova satu jalur didapatkan Fhitung 16,738> f tabel 2,051, sehingga Ho di tolak dan Ha di terima. Kesimpulan hasil ini adalah (1) Model pembelajaran Word Square berpengaruh terhadap kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat siswa kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri. (2) Metode diskusi berpengaruh terhadap kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat siswa kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri. (3) Model pembelajaran Word Square dan metode diskusi berpengaruh terhadap kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat siswa kelas IV SD Pawyatan Daha Kota Kediri. Dengan demikian model pembelajaran Word Square dan metode diskusi dapat digunakan sebagai pendukung kegiatan pembelajaran. KATA KUNCI :Word Square, metode diskusi, menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.

Keyword

Word Square, metode diskusi, menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat.

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade