Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Siswa Kelas 5 SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

DWI RISNA SIFAUL KHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0116

Abstract

ABSTRAK Dwi Risna Sifaul Khasanah: Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Siswa Kelas 5 SDN Krecek 1 Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN-PGRI Kediri, 2017. Kata Kunci: media audio visual, volume kubus dan balok. Pengembangan ini dilatar belakangi hasil studi pendahuluan di SDN Krecek 1 bahwa pada pembelajaran Matematika kondisi kelas cukup ramai karena siswa kurang terfokus pada pembelajaran, hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan media pembelajaran yang mampu memfokuskan siswa. Selain itu guru kurang memaksimalkan pemanfaatan sarana dalam bentuk IT yang telah disediakan oleh sekolah. Sarana tersebut antara lain komputer, LCD, dan layar proyektor, dalam mengajar guru menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanya jawab saja dengan penyampaian materi yang sederhana, melalui pengetahuan dari bahan ajar yang dibaca. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan pengembangan ini adalah (!) Mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran audio visual pada materi volume kubus dan balok siswa kelas V Sekolah Dasar (2) Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran audio visual pada materi volume kubus dan balok siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. pengembangan ini dilakukan melalui 5 tahap yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Data mengenai kebutuhan media dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan beberapa langkah yaitu menganalisis hasil studi lapangan dan hasil studi pendahuluan. Sedangkan data uji validasi ahli dianalisis menggunakan teknik deskriptif. Hasil pengembangan ini menghasilkan produk berupa video pembelajaran materi volume kubus dan balok. Produk yang sudah divalidasi kemudian di uji cobakan pada siswa kelas 5 SDN Krecek 1. Dari hasil uji coba diketahui bahwa hasil uji coba luas diperoleh nilai 90,8 menunjukan kriteria media sangat efektif digunakan. Selain itu hasil tanggapan siswa menunjukkan bahwa mereka merasa senang mengikuti pembelajaran mengunakan media. Guru pun menanggapi jika siswa terlihat antusias dan senang megikuti pembelajaran menggunakan media audio visual volume kubus dan balok. Keunggulan media ini ialah media dapat digunakan siswa secara mandiri karena sudah dilengkapi dengan menu petunjuk, model terdapat audio dari penjelasan materi sehingga siswa akan merasa ada guru yang tengah mengajar. Kelemahan model ini ialah audio tidak dapat berhenti sendiri saat penjelasan materi telah selesai, jadi pengguna harus men klik tombol stop terlebih dahulu untuk dapat menuju slide berikutnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 07 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI