PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN KELAS V SDN MOJOROTO 1 KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
NANDA KUSUMA PRATIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0115
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi operasi bilangan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini juga bertujuan untuk (1) mendiskripsikan pengembangan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi operasi bilangan pecahan (2) mendiskripsikan respon guru setelah pembelajaran menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi operasi bilangan pecahan (3) mendiskripsikan respon guru setelah pembelajaran menggunakan pengembangan media pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi operasi bilangan pecahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Mojoroto 1 yang berjumlah 39 orang. Istrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket lembar penilaian validasi dan angket respon guru dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi memperoleh rata-rata sebesar 3,34 dengan kriteria valid. Sedangkan untuk uji terbatas hasil respon guru memperoleh rata-rata sebesar 92,5% sehingga repon guru menunjukkan positif atau baik terhadap pengembangan media dan respon siswa yang didapat memperoleh hasil sebesar 89% masuk dalam kriteria cukup baik terhadap pengembangan media yang dilakukan. Uji sebenarnya juga memperoleh hasil rata-rata respon guru sebesar 95% sehingga repon guru menunjukkan positif atau baik terhadap pengembangan media dan respon siswa yang didapat memperoleh hasil sebesar 88% masuk dalam kriteria cukup baik terhadap pengembangan media yang dilakukan.