Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) didukung Media Video Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis dan Persebaran Sumber Daya Alam serta Pemanfaatannya pada Siswa Kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

TIARA EKA KRISTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0114

Abstract

ABSTRAK Tiara Eka Kristiana. Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFE) didukung Media Video Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Jenis dan Persebaran Sumber Daya Alam Serta Pemanfaatannya Pada Siswa Kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mengidentifikasi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya menjadi rendah dan dalam kegiatan pembelajaran siswa kurang aktif, kreatif dan kurang semangat. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan media yang menarik yaitu model pembalajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) didukung media video. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mangajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah model Student Facilitator and Explaining (SFE) didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya pada siswa kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018? (2) Apakah model Student Facilitator and Explaining (SFE) tanpa didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya pada siswa kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah perbedaan pengaruh model Student Facilitator and Explaining (SFE) didukung media video dibanding model Student Facilitator and Explaining (SFE) tanpa didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya pada siswa kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan Nonrandoized Control Group Pretest-Postest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN Gayam 1 sebagai kelompok kontrol, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas soal pilihan ganda berjumlah 25 soal. Analisis data menggunakan rumus uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1)Penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya pada siswa kelas IV SDN Gayam 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 86,9% hal ini terbukti dengan th=9,302>tt1%=2,778 (2)Penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) tanpa didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya pada siswa kelas IV SDN Gayam 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan ketuntasan klasikal 54,88% hal ini terbukti dengan th=7,829>tt1%=2,749 (3)Ada perbedaan pengaruh sangat signifikan antara penggunaan model Student Facilitator and Explaining (SFE) didukung media video dibanding model Student Facilitator and Explaining (SFE) tanpa didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya pada siswa kelas IV SDN Gayam 2 dibanding SDN Gayam 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan didukung media, hal ini terbukti dengan th=3,780>tt1%=2,666 dan hasil perbandingan rerata KE 81,41 > rerata KK 69,55. Kata kunci : Student Facilitator and Explaining (SFE), jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI