PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK DENGAN MATERI MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT BERDASARKAN PENGAMATAN PADA SISWA KELAS III SDN WATUGEDE 1 KECAMATAN PUNCU KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YENY ENDAH PURNAMA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0113

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas III SDN Watugede 1 mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi ciri–ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat, bahwa sebagian besar siswa mengalami kejenuhan dalam pembelajaran karena guru masih menggunakan metode mengajar konvensional yaitu ceramah. Selain itu penggunaan media pembelajaran juga kurang di maksimalkan oleh guru. Permasalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana prosedur pengembangan media pop up book dengan materi membedakan ciri–ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan pada siswa kelas III SDN Watugede 1 Puncu? (2) Bagaimanakah pendapat guru dan siswa setelah menggunakan media pop up book membedakan ciri–ciri lingkungan sehat dan tidak sehat berdasarkan pengamatan pada siswa kelas III SDN Watugede 1 Puncu? (3) Bagaimanakah kelayakan media pop up book ciri–ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan pada siswa kelas III SDN Watugede 1 Puncu?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu 1) Analysis (Analisis), Development (Desain), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru kelas. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan media Pop Up Book dengan materi membedakan ciri–ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan, dengan prosedur pengembangan model ADDIE. (2) Respon guru terhadap media pembelajaran Pop Up Book yang dikembangkan, setelah digunakan pada pembelajaran materi ciri – ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat memperoleh respon baik. Begitupun respon dari siswa terhadap media ini mendapatkan respon positif. (3) Media Pop Up Book ciri – ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan penilaian secara keseluruhan persentase penilaian berada pada kategori sangat layak dijadikan media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas III sekolah dasar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) untuk guru, salah satu media yang dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran adalah Pop Up Book, dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. (2) Untuk penelitian yang selanjutnya, sebaiknya uji coba dilakukan lebih luas lagi, sehingga dapat menghasilkan media pembelajaran yang bisa digunakan secara luas. KATA KUNCI : media Pop Up Book, ADDIE, Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI