PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DIDUKUNG MEDIA PROYEKTOR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PEMANFAATAN SIFAT-SIFAT CAHAYA KELAS V SDN TANJUNGANOM II NGANJUK TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

KUKUH WAHYU ROMADHON
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0102

Abstract

ABSTRAK Kukuh Wahyu Romadhon: Pengaruh Metode Problem Solving didukung Media Proyektor Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan pemanfaatan sifat-sifat cahaya Kelas V SDN Tanjunganom II Kabupaten Nganjuk, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi kondisi yang ada di SDN Tanjunganom 2 kelas V di kecamatan Tanjunganom, kabupaten Nganjuk pembelajaran IPA cenderung kurang bervariatif. Pembelajarannya cenderung hanya menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya metode pembelajaran lainnya. Hal ini membuat siswa terkesan mengantuk dan jenuh dengan pembelajaran yang kurang menyita perhatian siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah Metode Problem Solving didukung Media Proyektor berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan pemanfaatan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tanjunganom II Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017? (2) Apakah Metode Problem Solving tanpa didukung Media Proyektor berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan pemanfaatan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tanjunganom II Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017? (3) Adakah perbedaan pengaruh metode Problem Solving didukung Media Proyektor dibanding metode Problem Solving tanpa didukung Media Proyektor terhadap kemampuan mendeskripsikan pemanfaatan sifa-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tanjunganom II Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain penelitian pada penelitian ini adalah pretes-postes grup kontrol tidak secara random (Nonrandomized control grup pretest-posttest design). Kedua kelas diberikan petes-postes dengan soal yang sama, dimana pretes diberikan sebelum pembelajaran dan postes diberikan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan hasil ini adalah (1) Penggunaan metode Problem Solving didukung media proyektor berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan pemanfaatan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tanjunganom II Nganjuk, hal ini terbukti dari hasil th = 4, 257>tt 1% = 2,771 dengan ketuntasan klasikal 76,7%. (2) Penggunaan metode Problem Solving tanpa didukung media proyektor berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan pemanfaatan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tanjunganom II Nganjuk, hal ini terbukti dari hasil th = 5,850 >tt 1% =2,797 dengan ketuntasan klasikal 35,56%. (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan penggunaan metode Problem Solving didukung media proyektor dibanding dengan penggunaan metode Problem Solving tanpa didukung media proyektor terhadap kemampuan mendeskripsikan pemanfaatan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN Tanjunganom II Nganjuk dengan keunggulan pada penggunaan metode Problem Solving didukung media proyektor, hal ini terbukti dari hasil th = 3,038 >tt 1% =2,660. Kata Kunci : metode problem solving, media multimedia proyektor, sifat-sifat cahaya

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade