PENGARUH MODEL KANCING GEMERINCING (TALKING CHIPS) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBERIKAN CONTOH SEDERHANA PENGARUH GLOBALISASI DI LINGKUNGANNYA KELAS IV SDN 2 BUNGUR DAN SDN 4 BUNGUR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

NOVELIA GITA NURANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0100

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Kancing Gemerincing (Talking Chips) Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Memberikan Contoh Sederhana Pengaruh Globalisasi Di Lingkungannya Kelas IV SDN 2 Bungur Dan SDN 4 Bungur Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan, bahwa pembelajaran PKn di SDN 2 Bungur dan SDN 4 Bungur masih didominasi oleh guru. Pada saat proses pembelajaran, guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan kurang menggunakan media yang dapat menarik perhatian siswa. Sehingga banyak siswa yang merasa jenuh pada pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan menunjukkan contoh sederhana globalisasi di lingkungannya menggunakan model Kancing Gemerincing tanpa didukung media visual, (2) Mengetahui kemampuan menunjukkan contoh sederhana globalisasi di lingkungannya menggunakan model Kancing Gemerincing didukung media visual, (3) Mengetahui perbedaan pengaruh model Kancing Gemerincing tanpa didukung media visual dan penggunaan model Kancing Gemerincing didukung media visual terhadap kemampuan menunjukkan contoh sederhana globalisasi di lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan teknik Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Bungur dan SDN 4 Bungur Tulungagung. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa RPP dan tes hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes analisis data, yang digunakan adalah rumus uji t. Dari analisis data, diperoleh: (1) Ada pengaruh pada penggunaan model Kancing Gemerincing tanpa didukung media pembelajaran terhadap kemampuan siswa dalam memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya; (2) Ada pengaruh pada penggunaan model Kancing Gemerincing didukung media visual terhadap kemampuan siswa dalam memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya, (3) Terdapat perbedaan pengaruh saat menggunakan model Kancing Gemerincing didukung media visual lebih baik dibandingkan saat menggunakan model Kancing Gemerincing tanpa didukung media pembelajaran terhadap kemampuan siswa dalam memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini: Tujuan dari penggunaan model pembelajaran Kancing Gemerincing didukung media visual adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapatnya dan kerjasama.Oleh sebab itu guru sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan pembelajaran yang membangkitkan siswa untuk berpendapat. Kata kunci: Kancing Gemerincing (Talking Chips), media visual, kemampuan memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI