PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP RESUME TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN 1 KERTOSONO


Author (Penulis)

APRILIANA NUR HAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0099

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Group Resume Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SDN 1 Kertosono ABSTRAK Peneltian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN 1 Kertosono masih dilaksanakan cenderung bersifat konvensional dan masih berpusat pada guru. Akibatnya siswa tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan guru, sehingga hasil belajar kurang memuaskan. Dalam pembelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya, siswa dapat kesempatan melakukan percobaan untuk membuktikan sifat-sifat cahaya dan memperoleh penguasaan dalam materi tersebut. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning cocok digunakan pada materi sifat-sifat cahaya. Selain model Discovery Learning, Group Resume juga cocok digunakan pada materi sifat-sifat cahaya dengan mengajak siswa untuk membuat resume dari hasil belajarnya. Berdasarkan uraian tersebut model pembelajaran Discovery Learning maupun Group resume cocok digunakan dalam pembelajaran materi sifat-sifat cahaya. Permasalahan pada peneltian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN 1 Kertosono? (2) Adakah pengaruh penggunaan model Group resume terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN 1 Kertosono? (3) Adakah perbedaan kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menggunakan model Discovery Learning dan Group Resume siswakelas V SDN 1 Kertosono? Tujuan dari penelitian ini adalah agar siswa menjadi lebih aktif terhadap pembelajaran IPA dan tidak jenuh saat mengikuti pembelajaran. Selain itu pembelajaran IPA pada SDN 1 Kertosono dilaksanakan berpusat pada siswa. Dengan demikian kemampuan yang dicapai siswa dapat sesuai dengan yang diharapkan,sehingga prestasi siswa meningkat. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas VA SDN 1 Kertosono sebagai kelas eksperimen dengan penyampaian materi menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas VB SDN 1 Kertosono sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran Group Resume. Desain penelitian yang digunakan Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yaitu menggunakan tes. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan Uji-T pada taraf signifikan 5%. Dari analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol (88,06 > 80,94). Kesimpulannya model discoveri learning lebih baik dibanding model discoveri learning dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN 1 Kertosono tahun ajaran 2016/2017. Oleh karena itu model Discovery Learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran bagi guru dalam meningkatkan kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Kata Kunci : Model pembelajaran discovery learning, group resume, kemampuan mendeskripsikan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI