PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN ISI DUA TEKS YANG DIBACA DENGAN MEMBACA SEKILAS SISWA KELAS V SDN 1 TANGGARAN TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

MARIA DWI FIKRIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0097

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi peneliti di SDN Tanggaran 1 Kota Trenggalek yang menunjukkan bahwa kemampuan membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas tergolong rendah. Hal tersebut terbukti dari hasil kemampuan membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas siswa kelas V SDN Tanggaran 1, hanya terdapat 40% siswa dalam kelas yang mencapai nilai KKM(75). Hal tersebut disebabkan saat guru menyampaikan materi pembelajaran mengenai keterampilan membaca belum menggunakan model pembelajaran yang tepat. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimanakah kemampuan membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada siswa kelas V SDN 1 Tanggaran Kabupaten Trenggalek ?, (2) Bagaimanakah kemampuan membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas V SDN 1 Tanggaran Kabupaten Trenggalek?, (3) Adakah pengaruh model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas pada siswa kelas V SDN 1 Tanggaran Kabupaten Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen murni (True-Experimental Design), desain tes akhir dua kelompok (Posttest Only Control Design). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VA Tanggaran 1 dan kelas VB Tanggaran 1 yang masing-masing kelas terdiri dari 17 dan 18 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung (6,217) ? ttabel (2,034) pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 33, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran CIRC terhadap kemampuan membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas pada siswa kelas V SDN 1 Tanggaran Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan model pembelajaranCooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas. KATA KUNCI: circ, membandingkan, isi teks

Keyword

circ, membandingkan, isi teks

Reference


PUBLISHED

2018-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade