PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN TERTENTU UNTUK MEMPERTAHANKAN HIDUP SISWA KELAS V SDN 2 MOJOARUM KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2016 / 2017


Author (Penulis)

EMY SURYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0096

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SDN 2 Mojoarum masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru (teacher center) dimana siswa hanya berperan pasif dalam mendengarkan penjelasan guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) tanpa didukung media visual siswa kelas V SDN 2 Mojoarum Kabupaten Tulungagung tahun 2016/2017? (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media visual siswa kelas V SDN 2 Mojoarum Kabupaten Tulungagung tahun 2016/2017? (3) Apakah model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup siswa kelas V SDN 2 Mojoarum tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V-A SDN 2 Mojoarum yang berjumlah 18 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V-B SDN 2 Mojoarum yang berjumlah 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) tanpa didukung media visual dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 72,78 < (KKM 75). (2) Kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup dengan menggunakan model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media visual dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata diatas KKM. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata kelas 86,67 > (KKM 75). (3) Model pembelajaran Index Card Match (ICM) didukung media visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup pada siswa kelas V SDN 2 Mojoarum tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 4,287 > 2,032 dan Sig 2-tailed 0,000 < 0,005. sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%. KATA KUNCI : Index card match, media visual

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI