PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS IV SDN 2 MOJOARUM KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

RO'INNATUL CHASANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0095

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah, pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru dan tanpa adanya media pembelajaran. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan perubahan wujud benda. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum dalam mendeskripsikan perubahan wujud benda menggunakan model student facilitator and explaining tanpa didukung media visual? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum dalam mendeskripsikan perubahan wujud benda menggunakan model student facilitator and explaining didukung media visual? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining didukung media visual terhadap hasil belajar mendeskripsikan perubahan wujud benda siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum tahun 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV-A SDN 2 Mojoarum sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV-B SDN 2 Mojoarum sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum dalam mendeskripsikan perubahan wujud benda dengan menggunakan model student facilitator and explaining tanpa didukung media visual dikategorikan rendah. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata kelas 72,50 < (KKM 74). (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum dalam mendeskripsikan perubahan wujud benda dengan menggunakan model student facilitator and explaining didukung media visual dikategorikan tinggi. Hal ini dibuktikan dari data perolehan nilai rata-rata kelas 86,11 > (KKM 74). (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model student facilitator and explaining didukung media visual terhadap hasil belajar mendeskripsikan perubahan wujud benda siswa kelas IV SDN 2 Mojoarum tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu 4,391 > 2,032 dan Sig 2-tailed 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, media visual, hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI