PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENDESKRIPSIKAN PROSES DAUR AIR DAN KEGIATAN MANUSIA YANG DAPAT MEMPENGARUHINYA SISWA KELAS V SDN BANGSONGAN II KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
IVA NURRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0094
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktivitas klasikal dengan melalui metode ceramah dan pemberian tugas atau lebih berorientasi pada peran guru. Akibatnya suasana kelas menjadi monoton, pasif dan membosankan. Sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V SDN Bangsongan II terhadap materi mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya dengan menggunakan metode Konvensional? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V SDN Bangsongan II terhadap materi mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya menggunakan model pembelajaran VAK didukung dengan media audio visual? (3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK didukung dengan media audio visual pada materi mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya siswa kelas V SDN Bangsongan II Kabupaten Kediri tahun pelajaran 2016/2017?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bangsongan II. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t tersebut maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas V SDN Bangsongan II pada materi mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya menggunakan metode pembelajaran Konvensional dikategorikan kurang baik karena, 38,9% nilai siswa mencapai KKM dan 61,1% nilai siswa belum mencapai KKM (2) Hasil belajar siswa kelas V SDN Bangsongan II pada materi mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya menggunakan model Visualization Auditory Kinesthetic didukung media audiovisual dikategorikan sangat baik, karena 84% nilai siswa mencapai KKM dan 16% nilai siswa belum mencapai KKM (3) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic didukung media Audiovisual pada kemampuan mendesripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya pada siswa kelas V SDN Bangsongan II Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.
KATA KUNCI : Model VAK, media audiovisual, hasil belajar.