PENGARUH TEKNIK POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) DI DUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA PADA SISWA KELAS IV SDN DERMO 2 KOTA KEDIRI
Author (Penulis)
VERONICA ELLY KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0092
Abstract
ABSTRAK
Veronica Elly Kurniawati. Pengaruh teknik POE (Predict Obseve Explain) didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas iv sdn dermo 2 kota kediri tahun 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017.
Kata kunci : POE (Predict Observe Explain), media video, kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan wawancara peneliti, bahwa pembelajaran IPA pada materi hubungan khas antar makhluk hidup di SD masih banyak anak yang kebingungan membedakan antar simbiosis dan contohnya. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar rendah dan menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan jenuh. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan teknik pembelajaran yang tepat dan media yang menarik yaitu teknik pembelajaran POE didukung media video.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti memiliki tujuan sebagai berikut (1) Mengetahui adanya pengaruh penggunaan teknik POE (Predict Observe Explain) didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 kota kediri tahun 2016/2017 (2) Mengetahui adanya pengaruh penggunaan teknik POE (Predict Observe Explain) tanpa didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 kota kediri tahun 2016/2017 (3) Mengetahui adanya perbedaan antara penggunaan teknik POE (Predict Observe Explain) didukung media video dan tanpa didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas I V SDN Dermo 2 kota kediri tahun 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan tehnik penelitian Eksperimental dengan Nonrandomized Control Group Pretes-Posttes Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Dermo 2 kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t paired sample dan uji t independent.
Hasil penelitian hipotesis (1) dari tabel hasil nilai post-test kelompok eksperimen sebesar 0,008 < 0,05 yang artinya signifikan. Hasil penelitian hipotesis (2) dari tabel hasil nilai post-test kelompok kontrol sebesar 0,055 < 0,05 yang artinya signifikan. Hasil penelitian hipotesis (3) dari tabel hasil uji t independent tes sebesar 0,007 < 0,05 yang artinya signifikan.
Simpulan hasil penelitianAda perbedaan pengaruh model pembelajaranPOEdidukung media video dibandingkan dengan POE tanpa didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada siswa kelas IV SDN Dermo 2 Kota Kediri, dengan keunggulan pada kemampuan mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannyamenggunakan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) didukung media video.