PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN TERJADINYA PERUBAHAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS IV SDN GAYAM KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN 2016/2017.
Author (Penulis)
LUCIA ELVY KURNIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0091
Abstract
ABSTRAK
Lucia Elvy Kurniawati. Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas iv sdn gayam kecamatan mojoroto kota kediri tahun 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2017.
Kata kunci : Teams Games Tournament (TGT), mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda.
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih banyak menggunakan pembelajaran secara konvensional. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendekripsikan terjadinya perubahan wujud benda menjadi rendah dan menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan jenuh. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepat dan media yang menarik yaitu model pembelajaran TGT didukung media gambar.
Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti mangajukan 3 rumusan masalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran TGT didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Gayam 2 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun 2016/2017? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran TGT tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Gayam 1 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun 2016/2017? (3) Adakah perbedaaan pengaruh antara TGT didukung media gambar dibandingkan dengan TGT tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun 2016/2017?
Penelitian ini menggunakan tehnik penelitian Eksperimental dengan Nonrandomized Control Group Pretes-Posttes Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Gayam kecamatan mojoroto kota Kediri. Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji t.
Simpulan hasil penelitian adalah (1) Penggunaan model pembelajaran TGT didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Gayam dengan ketuntasan klasikal mencapai 81,37%. (2) Penggunaan model TGT tanpa didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Gayam dengan ketuntasan klasikal 37,5%. (3) Ada perbedaan pengaruh model Pembelajaran Pembelajaran TGT didukung media gambar dibandingkan dengan TGT tanpa didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda pada siswa kelas IV SDN Gayam, dengan keunggulan pada kemampuan mendeskripsikan perubahan wujud benda menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) didukung media gambar.