PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN SISWA KELAS IV SDN JAGALAN 3 KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

MERY NURYA PUSPASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0089

Abstract

ABSTRAK Mery Nurya Puspasari: Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Dengan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Siswa Kelas IV SDN Jagalan 3 Kota Kediri. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti di SDN Jagalan 3 Kota Kediri yang menunjukkan bahwa siswa kurang mampu menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan. Hal tersebut terbukti dari hasil kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan siswa kelas IV SDN Jagalan 3, kurang dari 30% siswa dalam kelas yang mencapai nilai KKM(75). Hal tersebut disebabkan saat guru menyampaikan materi pembelajaran belum menggunakan model dan media pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Apakah model pembelajaran Take and Give dengan media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Jagalan 3?, (2) Apakah model pembelajaran Take and Give berpengaruh terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas IV SDN Jagalan 1?, (3) Adakah perbedaan pengaruh model pembelajaran Take and Give dengan media audio visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan siswa kelas IV SDN Jagalan 3 kota Kediri?. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen murni (True-Experimental Design), dengan Pretest Posttest Control Group Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Jagalan 1 dan kelas IV SDN Jagalan 3 yang tiap-tiap kelas terdiri atas 25 dan 22 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal pilihan ganda berjumlah 20 butir. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mencari nilai rata- rata dan statistik inferensial menggunakan uji-t. Simpulan hasil penelitian ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai thitung x (6,48) ? ttabel (2,014) dan thitung y (3,52) ? ttabel (2,014) pada taraf signifikansi 5% dengan db sebesar 45, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Take and Give dengan media audio visual terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan siswa kelas IV SDN Jagalan 3 Kota Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, guru dapat memanfaatkan model pembelajaran Take and Give dengan media audio visual untuk memudahkan dan membantu penyampaian materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan. Kata kunci: Take and Give, media audio visual, kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI