PENGARUH MODEL CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) DIDUKUNG GAMBAR ORGAN PENCERNAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA SISWA KELAS V SDN KAMPUNGDALEM KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

DEVI ANDINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0087

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif, dan berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar yang diperoleh masih rendah. Penelitian tersebut bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh tanpa model CORE didukung media gambar organ pencernaan terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia siswa kelas V SDN kampungdalem. (2) Untuk mengetahui pengaruh model CORE didukung media gambar organ pencernaan manusia terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia siswa kelas V SDN kampungdalem. (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh tanpa model CORE didukung media gambar organ pencernaan dengan penggunaan model CORE didukung media gambar organ pencernaan terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia siswa kelas V SDN kampungdalem. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-posttest control group. Subyek penelitian 69 siswa kelas V SDN Kampungdalem Kota Kediri yakni kelas kontrol 37 siswa dan kelas eksperimen 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes berupa soal pilihan ganda. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh signifikan pembelajaran tanpa model CORE didukung media gambar organ pencernaan terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia. (2) Terdapat pengaruh sangat signifikan pembelajaran menggunakan model CORE didukung media gambar organ pencernaan terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia. (3) Terdapat perbedaan pengaruh signifikan penggunaan model CORE didukung media gambar organ pencernaan dan tanpa model CORE didukung media gambar organ pencernaan terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI