Pengembangan Multimedia interaktif untuk Pembelajaran Materi Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Kelas IV Sekolah Dasar


Author (Penulis)

LU LU IL MAKNUN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0084

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang diajarkan di SDI Babussalam kelas IV masih menggunakan media yang konvensional yaitu menggunakan gambar hewan yang ditempel. Hasilnya, siswa ramai dan tidak memperhatikan pembelajaran dengan baik. Selain itu, ketertertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung pasif karena guru hanya menggunakan media berupa gambar yang hanya di tempel dan berukuran kecil. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan multimedia interaktif untuk menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV sekolah dasar (2) Untuk mengetahui kevalidan, kepraktisandan keefektifan untuk pembelajaran materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and Develipment), yaitu penelitain dan pengembangan menggunakan Model pengembangan konseptual mempunyai enam komponen, yaitu concept, design, collecting materials, assembly, uji coba, distribution. Validasi pengembaangan multimedia interaktif ini terdiri dari validasi media dan validasi materi. Uji coba produk terdiri dari dua tahap yaitu uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDI Babusalam dengan jumlah 18 siswa. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk mengelola data dari hasil tinjauan ahli dan pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya kelas IV Sekolah Dasar ini adalah prosedur utama dalam penelitian ini meliputi (1) melakukan analisis kebutuhan (2) mendesain media pembelajaran multimedia interaktif, (3) mengumpulkan bahan yang diperlukan untuk pembuatan produk seperti materi pokok, (4) menyusun naskah materi yang dimasukkan pada setiap frame, (5) uji coba terbatas dan uji coba lapangan, (6) mendistribusikan multimedia interaktif. Selanjutnya hasil analisis uji coba produk menunjukkan tingkat kevalidan mecapai 4,55, kepraktisan produk mencapai 4,8 dan 4,8, serta keefektifan produk mencapai nilai 94. Dengan demikian produk multimedia interaktif ini dinyatakan valid, praktis serta efektif. Dengan adanya penelitian ini , diharapkan media pembelajaran multimedia interaktif dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran inovatif pada materi IPA di sekolah dasar. KATA KUNCI: pengembangan media, media pembelajaran, multimedia interaktif, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Keyword

pengembangan media, media pembelajaran, multimedia interaktif, menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya.

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade