ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS IV ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SE-KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

WULAN NIMATUS ROHMAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0083

Abstract

Wulan Ni’matus Rohmah : Analisis Butir Soal Evaluasi Ulangan Akhir Semester Ganjil Kelas IV Ilmu Pengetahuan Sosial se-Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti di Sekolah Dasar Negeri di kecamatan Mojoroto kota Kediri ditemukan penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan guru ternyata belum sepenuhnya menggambarkan tingkat pencapaian kompetensi peserta didik yang sesungguhnya, karena guru belum melakukan analisis butir soal. Sehingga, guru tidak dapat mengetahui indikator atau kompetensi dasar mana yang belum mampu dicapai oleh peserta didik. Kondisi tersebut antara lain disebabkan karena pembuat soal belum menganalisis butir soal sesuai dengan prinsip, mekanisme, dan prosedur penilaian. Permasalahan penelitian adalah (1) Bagimanakah validitas soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017? (2) Bagimanakah reliabilitas soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimanakah kriteria isi soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari taraf kesukaran butir-butir soal? (4) Bagaimanakah kriteria isi soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari daya pembeda butir-butir soal? (5) Bagaimana isi soal ujian akhir semester ganjil mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari fungsi pengecoh soal? Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gayam 1, SDN Mrican 2, dan SDN Mrican 4 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri yang mengikuti UAS yaitu sebanyak 108 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini peneliti sendiri dan instrumen lain berupa kriteria.Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber primer dalam penelitian ini adalah soal dan lembar jawab UAS IPS kelas IV semester ganjil tahun 2016/2017. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa kunci jawaban soal, silabus dan daftar nama siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ditinjau dari validitas menurut ahli, tergolong baik untuk soal pilihan ganda,isian dan uraian karena memiliki presentase skor ? 50% dari seluruh soal piliha ganda (35 butir soal), soal isian (10 butir soal) dan soal uraian (5 butir soal) memiliki kesesuaian aspek analisis sebesar 94% untuk butir soal pilihan ganda, 80% untuk soal isian dan 70% untuk soal bentuk uraian. Sedangkan dari validitas menurut rumus, tergolong baik karena 97% (34 butir soal) soal pilihan ganda, 90% (9 butir soal) soal isian dan 100% (5 butir soal) soal uraian dinyatakan valid. (2) Ditinjau dari reliabilitas, diketahui soal tersebut memiliki reliabilitas sebesar 0,866 untuk soal pilihan ganda, 0,77 untuk soal isian dan 0,81 untuk soal uraian, sehingga dapat disimpulkan bahwa soal tersebut memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi. (3) Ditinjau dari taraf kesukaran, tergolong baik untuk seluruh soal karena ?70% soal (50 butir soal) memiliki kriteria sedang yaitu sebesar 80% atau 28 butir soal pilhan ganda, sebesar 100% atau 10 soal isian dan sebesar 60% atau 3 butir soal uraian. (4) Ditinjau dari daya beda, tergolong baik untuk soal pilihan ganda karena ? 70% seluruh soal pilihan ganda (35 butir soal) memiliki kriteria baik sebesar 71,4% (25 butir soal), soal isian tergolong baik karena ? 70% seluruh soal isian (10 butir soal) memiliki kriteria baik sebesar 50% (5 butir soal) dan tergolong baik juga untuk soal uraian karena ?70% dari seluruh soal uraian (5 butir soal) memiliki kriteria baik 80% (4 butir soal). (5) Ditinjau dari keefektifan distraktor, termasuk cukup karena ?70% dari seluruh soal pilihan ganda (35 butir soal) memiliki distraktor yang berfungsi cukup sebanyak 18 soal (51,43%) dan berfungsi baik sebanyak 14 soal (40%). Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Pada soal yang tergolong baik dapat dipakai atau dimasukkan ke bank soal untuk evaluasi pembelajaran. (2) Pada soal yang tergolong kurang baik dapat direvisi untuk evaluasi pembelajaran. (3) Pada soal yang tergolong tidak baik dapat diganti dengan yang baru untuk evaluasi pembelajaran. (4) Guru penyusun soal perlu meningkatkan keterampilan dan kemampuannya dalam menggunakan soal sesuai dengan teori yang ada karena dapat membantudalam mengetahui kualitas butir soal yang digunakan untuk tes hasil belajar. (5) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menganalisis soal secara kualitatif agar lebih baik dan bermanfaat ke depannya. Kata kunci : analisis butir soal, UAS IPS, validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya beda, keefektifan distraktor.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI