Pengaruh Penggunaan Model Direct Instruction Didukung Media 3D Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Siswa Kelas V SD Muhammadiyah Nganjuk Tahun Pelajaran 2016/ 2017\".


Author (Penulis)

RIDA KUSTIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0082

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di lapangan, dalam peroses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dalam mengikuti pelajaran. Dengan demikian hasil belajar siswa sangat rendah terutama pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Ada tidaknya pengaruh model Direct Instruction didukung media 3D dibanding Metode Ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Nganjuk. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi Experimental Design (nonequivalent control group design), pendekatan penelitian dengan menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen.Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas V-a sebagai kelas eksperimen dengan penggunaan model Direct Instruction didukung media 3D dan kelas V-b dengan menggunakan metode ceramah. Untuk menganalisis data menggunakan rumus Paired Sample Test dan Independent Sample Test.Sedangkan untuk uji ketuntasan belajar siswa secara klasikal menggunakan rumus Jenjang Presentil (JP). Simpulan penelitian ini : (1)Penggunaan model Direct Instruction didukung media 3D bepengaruh signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V-a SD Muhammadiyah Nganjuk. Hal ini terbukti dari tingginya nilai thitung =10,884 > ttabel 5% =2,074 dengan ketuntasan klasikal 83%. (2) Penggunaan metode ceramah tidak berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V-b SD Muhammadiyah Nganjuk. Hal ini terbukti dari nilai thitung =0,771 < ttabel 5%=2,074. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Direct instruction didukung media 3D dibanding metode ceramah terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SD Muhammadiyah Nganjuk dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Direct Instruction didukung media 3D. Hal ini terbukti dari nilai t hitung =10,096 > ttabel =2,021.Dan perbandingan rata-rata kelompok eksperimen 83,86 > 63,62 kelompok kontrol. Kata Kunci: Model Direct Instruction, Media 3D,Metode Ceramah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI