Pengaruh Model Circuit Learning Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Struktur Kerangka Tubuh Manusia dengan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Pengampon Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

SILVYANITA YULIA DEWANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0081

Abstract

ABSTRAK Silvyanita Yulia Dewanti: Pengaruh Model Circuit Learning didukung Media Visual terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Struktur Kerangka Tubuh Manusia Dengan Fungsinya Siswa Kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang Tahun Pelajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara, pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang masih menggunakan metode konvensional / ceramah dan tanpa ditunjang dengan penggunaan model dan media pembelajaran yang menarik. Akibatnya pembelajaran terasa membosankan dan kurang menarik, siswa cenderung duduk dan hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar mereka rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya menggunakan model pembelajaran Circuit Learning tanpa didukung media visual? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya menggunakan model pembelajaranl Circuit Learning didukung media visual? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Circuit Learning didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Static Group Comparition. Subjek penelitian 40 siswa kelas IV dengan pembagian SDN Pengampon 1 sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan SDN Pengampon 2 sebanyak 20 siswa sebagai kelas kontrol. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang 2016/2017 dalam mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan menggunakan model Circuit Learning tanpa didukung media visual ketuntasan klasikal < 75%. Hasil rata-rata kelas memperoleh nilai 66,80, nilai tersebut berada di bawah KKM 75. (2) kemampuan siswa kelas IV SDN Pengampon Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang 2016/2017 dalam mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya dengan menggunakan model Circuit Learning didukung media visual ketuntasan klasikal ? 75%. Hasil rata-rata kelas memperoleh nilai rata-rata 86,00, nilai tersebut berada di atas KKM 75. (3) ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Circuit Learning didukung media visual terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya siswa kelas IV SDN Pengampon tahun pelajaran 2016/2017. Diketahui dari hasil analisis data Uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung >ttabel yaitu 5,640> 2,024, dengan demikian H0 ditolak sedangkan Ha terbukti benar. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, penulis dapat memberikan saran diantaranya: (1) Memerlukan pemahaman yang mendalam tentang model dan media pembelajaran yang akan diterapkan, sehingga guru harus benar-benar memahami model dan media tersebut dengan baik sebelum diterapkan pada pembelajaran di kelas. (2) Perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah penggunaan model pembelajaran Circuit Learning didukung media visual dapat diterapkan pada mata pelajaran yang lainnya. KATA KUNCI : model Circuit Learning, media visual, struktur kerangka tubuh manusia.

Keyword

Model Circuit Learning Media visual kerangka tubuh manusia

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade