PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA (TOKOH, TEMA, LATAR, AMANAT) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) KELAS V SDN II NGRANTI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
ELOK NOVITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0080
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa Lembar Kegiatan Siswa yang sering digunakan saat ini cenderung hanya berisikan rangkuman materi dan latihan soal.Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kegiatan Siswa berbasis modelCIRC pada materi mengidentifikasi unsur cerita. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan LKS bahasa Indonesia berbasis model CIRC mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran 4D dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Development, and Dissemination.Hasil validasi LKS termasuk kategori valid dengan skor rata-rata penilaian tiga validator sebesar 3,05. Pada uji coba terbatas angket respon guru diperoleh persentase sebesar 95,83% dengan kriteria baik dan angket respon siswa sebesar 82,30% dengan kriteria cukup baik serta pada uji coba luas angket respon guru diperoleh persentase sebesar 79,17% dengan kriteria baik dan angket respon siswa sebesar 91%dengan kriteria cukup baik. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan draf Lembar Kegiatan Siswa berbasis model Cooperative Integrated Reading and Composition pada materi mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat) kelas V Sekolah Dasar, respon guru dan siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa berbasis modelCIRCkelas V Sekolah Dasar yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon baik.