PENGARUH MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIDUKUNG MEDIA BENDA NYATA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PADA SISWA KELAS V SDN 1 PETUNG KECAMATAN DONGKO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

DESI ENDANG TRIWAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0078

Abstract

ABSTRAK DESI ENDANG TRIWAHYUNI : Pengaruh Model Explicit Instruction Didukung Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Sifat-Sifat Cahaya Pada Siswa Kelas V SDN 1 Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilatarbelakangi, pada proses pembelajaran IPA di sekolah dasar masih banyak yang dilaksanakan secara konvensional, kebanyakan guru hanya terpaku pada buku teks dan menggunakan metode ceramah sehingga guru cenderung lebih aktif dalam pembelajaran dan siswa pasif. Pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN 1 Petung siswa masih mengalami kesulitan.Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model dan media yang tepat untuk materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan model Explicit Instruction dan media benda nyata agar tujuan pembelajarannya tercapai. Dengan demikian diambil tiga rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan model Explicit Instruction tanpa didukung media benda nyata pada siswa kelas V SDN 2 Pandean Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017 (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model Explicit Instruction didukung media benda nyata pada siswa kelas V SDN 1 Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model Explicit Instruction didukung media benda nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SDN 1 Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Experimental Design dan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 1 Petung.Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian adalah tes.Tes yang diberikan berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal.Soal tersebut diberikan kepada siswa kelas V SDN 1 Petung sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SDN 2 Pandean sebagai kelas kontrol. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan model Explicit Instruction tanpa didukung media benda nyata dikategorikan kurang baik, (2) kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model Explicit Instruction didukung media benda nyata sangat baik,(3) Ada pengaruh penggunaan model Explicit Instruction didukung media benda nyata terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya. KATA KUNCI :Explicit Instruction, Benda Nyata, Kemampuan Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 11 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI