Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Take and Give Didukung Media Dua Dimensi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Siswa Kelas IV SDN Mrican Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

NANING RUSMAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0077

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE DIDUKUNG MEDIA DUA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI SISWA KELAS IV SDN MRICAN TAHUN AJARAN 2016/2017 Naning Rusmawati 13.1.01.10.0077 FKIP-PGSD naningrosmawati@gmail.com pembimbing 1 : Dr. SuryoWidodo, M.Pd. pembimbing 2 : Dhian Dwi Nur Wenda,M.Pd. UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh peran guru dalam menjelaskan materi. Akibatnya siswa menjadi pasif dan hal tersebut berdampak pada kemampuan siswa dalam memahami materi dan hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mengetahui kemampua . (2) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give tanpa didukung media dua dimensi berpengaruh terhadap mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. (3) Untuk mengetahui terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperaif tipe Take and Give didukung media dua dimensi siswa kelas IV SDN MRICAN tahun ajaran 2016/2017. Pendektan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest – Only Control Design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN MRICAN2 dan SDN MRICAN 4 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran dan tes berupa soal pilihan ganda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1)Model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give didukung media dua dimensiterhadap mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN MRICAN Kota Kediri baik, (2) Model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give tanpa didukung media dua dimensiterhadap mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi siswa kelas IV SDN MRICAN Kota Kediri baik, (3) Terdapat perbedaan sangat signifikan kemampuan hasil belajar mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperaif tipe Take and Give didukung media dua dimensi siswa kelas IV SDN MRICAN tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give, Media Dua Dimensi, Hasil Belajar, Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI