PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS TANAH SISWA KELAS V SDN 1 SIKI KECAMATAN DONGKO KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

TITIS SUGIHARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0076

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih disajikan di dalam kelas dan pembelajaran didominasi oleh penjelasan kata-kata atau ceramah yang menyebabkan rendahnya kemampuan mengidentifikas jenis-jenis tanah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan metode dan media pembelajaran yang tepat digunakan yaitu metode outdoor learning dan media realia. Permasalahan penelitian ini adalah (1)Apakah pembelajaran tanpa metode outdoor learning didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 1 Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? (2)Apakah pembelajaran dengan metode outdoor learning didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 1 Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? (3)Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode outdoor learning didukung media realia dengan tanpa metode outdoor learning didukung media realia terhadap kemampun mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 1 Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V-A SDN 1 Siki (kelompok eksperimen) dan kelas V-B SDN 1 Siki (kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1)Pembelajaran tanpa metode outdoor learning didukung media realia kurang berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah, terbukti dari nilai rata-rata post test yaitu 74,20 dengan ketuntasan klasikal 42%. (2)Pembelajaran dengan metode outdoor learning didukung media realia berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah, terbukti dari nilai rata-rata post test yaitu 86,95 dengan ketuntasan klasikal 92,5%. (3)Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan metode outdoor learning didukung media realia dengan tanpa metode outdoor learning didukung media realia terhadap kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 1 Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek dengan keunggulan pada penggunaan metode outdoor learning didukung media realia, terbukti dari th = 3,959 > tt= 2,204 (5%). KATA KUNCI : Metode outdoor learning, media realia, kemampuan mengidentifikasi jenis-jenis tanah.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI