PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN DIDUKUNG MEDIA TIGA DIMENSI TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SDN SUKOSARI KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG TA. 2017/2018


Author (Penulis)

DENIS TIARASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0075

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan bahwa prestasi siswa kelas V di SDN Sukosari dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tergolong rendah. Guru belum mencoba memberikan perlakuan yang berbeda dalam proses pembelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model Discovery Learning dengan metode eksperimen didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sukosari? (2) Adakah pengaruh model Discovery Learning tanpa metode eksperimen didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sukosari? (3)  Adakah perbedaan pengaruh antara penggunaan pengaruh model Discovery Learning dengan metode eksperimen didukung media tiga dimensi dan model Discovery Learning tanpa metode eksperimen didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sukosari?.

 Discovery Learning adalah suatu proses pembelajaran yang penyampaian materinya disajikan secara tidak lengkap dan menuntut siswa terlibat sendiri dalam membangun konsep yang dipelajarinya. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen siswa kelas V SDN Sukosari 2 dengan penyampaian materi menggunakan model Discovery Learning dengan metode eksperimen didukung media tiga dimensi. Kelas kontrol yaitu siswa kelas V SDN Sukosari 1 dengan penyampaian materi menggunakan model Discovery Learning tanpa metode eksperimen didukung media tiga dimensi. Desain penelitian yang digunakan Pretest-Posttest Control Group Desig, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang berupa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yaitu menggunakan tes. Sedangkan untuk menganalisis data pada penelitian ini menggunakan Uji-T pada taraf signifikan 5% dan 1%.

Dari analisis data yang telah dilakukan diperoleh hasil (1) Ada pengaruh model Discovery Learning dengan metode eksperimen didukung media tiga dimensi terhadap kemapuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sukosari dengan thitung > ttabel (14,359>2,583). (2) Ada pengaruh model Discovery Learning tanpa metode eksperimen didukung media tiga dimensi terhadap kemapuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sukosari dengan thitung > ttabel (15,185>2,539). (3) Ada perbedaan pengaruh antara penggunaan pengaruh model Discovery Learning dengan metode eksperimen didukung media tiga dimensi dan model Discovery Learning tanpa metode eksperimen didukung media tiga dimensi terhadap kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Sukosari dengan thitung > ttabel (2,230>1,690).


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT.Rineka cipta.

Arsyad. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah S.B dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model & Metode Pembelajaran Kreatif & Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hosnan, 2016. Pendekatan Saintifik & Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ilahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta:  Kata Pena.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya.

Ngalimun, 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: Aswaja Pressindo.

Roestiyah , 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran Matematika untuk meningkatkan CBS. (Edisi revisi). Bandung: Tarsito.

Sudjana N dan, Ahmad Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sulistyanto, H & Edy W. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 5. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI