PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK PADA SISWA KELAS V SDN SENDANGBUMEN TAHUN 2017


Author (Penulis)

NUR AINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0070

Abstract

ABSTRAK NUR AINI. Pengaruh penggunaan strategi directed reading thinking activity (DRTA) dengan media gambar terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Sendangbumen tahun 2017, skripsi, PGSD, FKIP, UNP KEDIRI, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi yang dilakukan peneliti, bahwa ada siswa yang belum mampu membaca dan beberapa siswa dapat membaca dengan lancar tetapi masih belum bisa memahami isi bacaan yang dibaca.hal ini mengakibatkan kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita anak masih rendah. Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut dalah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang tepat yaitu denganmenggunakan strategi directed reading thinking activity (DRTA). Berdasarkan latar belakang tersebut, diajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimana penguasaan materi Bahasa Indonesia dalam menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Sendangbumen tanpa menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan media gambar? (2) Bagaimana penguasaan materi Bahasa Indonesia dalam menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Sendangbumen menggunakan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan media gambar? (3) Adakah pengaruh strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan media gambar terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak pada siswa kelas V SDN Sendangbumen? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian True Eksperimental Desaign dengan pretest-posttest control group design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Sendangbumen Kec. Berbek Kab. Nganjuk Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh signifikan tanpa penggunaan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan media gambar terhadap kemampuan menyimpulkan cerita anak siswa kelas V SDN Sendangbumen. (2) Terdapat pengaruh sangat signifikan penggunaan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan media gambar terhadap kemampuan menyimpulkan cerita anak siswa kelas V SDN Sendangbumen. (3) Terdapat perbedaan signifikan pengaruh penggunaan tanpa dan dengan penggunaan strategi pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan media gambar terhadap kemampuan menyimpulkan cerita anak siswa kelas V SDN Sendangbumen dengan keunggulan pada penggunaan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dengan media gambar. Kata Kunci: strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), media gambar, terhadap kemampuan menyimpulkan cerita anak.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI