Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Fungsi Organ Dan Hubungannya Dengan Makanan Dan Kesehatan Kelas V SDN Gayam Tahun Pelajaran 2016-2017


Author (Penulis)

HANIK HANIFAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0067

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar siswa menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model dan metode pembelajaran yang tepat digunakan yaitu model pembelajaran scramble didukung media visual. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi fungsi organ dan hubungan dengan makanan dan kesehatan dengan menggunakan model pembelajaran scramble tanpa media visual pada siswa kelas V SDN Gayam tahun pelajaran 2016/2017? 2) Untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi fungsi organ dan hubungan dengan makanan dan kesehatan dengan menggunakan model pembelajaran scramble di dukung media visual pada siswa kelas V SDN Gayam tahun pelajaran 2016/2017? 3) Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ dan hubungan dengan makanan dan kesehatan pada siswa kelas V SDN Gayam tahun pelajaran 2016/2017?. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gayam 1 dan Gayam 2. Sampel penelitian ini adalah 66 siswa, kelas kontrol SDN Gayam 1 sebanyak 33 dan kelas eksperimen SDN Gayam 2 sebanyak 33 siswa. Data parameter yang digunakan adalah soal pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t independent sample test. Hasil analisis data penelitian adalah: 1) Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ dan hubungan dengan makanan dan kesehatan dengan menggunakan model pembelajaran scramble tanpa media visual pada siswa kelas V SDN Gayam tahun pelajaran 2016/2017, kurang mampu meningkatkan hasil belajar. 2) Kemampuan mengidentifikasi fungsi organ dan hubungan dengan makanan dan kesehatan dengan menggunakan model pembelajaran scramble di dukung media visual pada siswa kelas V SDN Gayam tahun pelajaran 2016/2017, mampu meningkatkan hasil belajar. 3) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi fungsi organ dan hubungan dengan makanan dan kesehatan pada siswa kelas V SDN Gayam tahun pelajaran 2016/2017. Diharapkan guru dapat menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diberikan kepada siswa untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kata kunci: model pembelajaran scramble, media visual, kemampuan mengidentifikasi fungsi organ dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-10

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 05 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI