Pengembangan Modul IPA Materi Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Pada Siswa Kelas IV SDN Banjar Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017


Author (Penulis)

AGUNG DEVINTASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0065

Abstract

ABSTRAK Agung Devintasari: Pengembangan Modul IPA Materi Mendeskripsikan Perubahan Kenampakan Bumi Pada Siswa Kelas IV SDN Banjar Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek Tahun Pelajaran 2016/2017, PGSD, Skripsi, FKIP UN PGRI Kediri, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Banjar bahwa modul yang digunakan guru kelas kurang mampu menarik minat belajar siswa dalam belajar IPA. Dengan demikian motivasi belajar siswa dalam pelajaran IPA rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk modul IPA yang telah digunakan dalam materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjar Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek? (2) Bagaimanakah bentuk modul IPA yang telah dikembangkan dalam materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Banjar Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek? (3) Apakah pengembangan modul IPA materi mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi cukup efektif pada siswa kelas IV SDN Banjar Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek? Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development (R & D) yang mengacu pada model desain pembelajaran ADDIE . Penelitian tersebut menggunakan instrument test (pre-test dan post-test), angket kebutuhan siswa, angket ahli dan praktisi, angket respon positif siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk modul yang telah digunakan belum mampu menarik siswa dalam belajar, karena hanya pada bagian depan sampul saja yang berwarna, materi yang disajikan kurang luas, hanya terdapat sedikit gambar pendukung materi, soal latihan yang ada pada bahan ajar sedikit, tidak terdapat petunjuk belajar yang jelas.(2) Bentuk modul yang telah dikembangkan berupa modul dengan judul “ Perubahan Kenampakan Bumi”, dengan warna oranye, kuning dan putih sebagai warna dasar dari modul. (3) Data hasil uji coba diperoleh dari tes sebelum dan sesudah belajar menggunakan bahan ajar yang dikembangkan, maka diketahui sebelum menggunakan modul yang dikembangkan ketuntasan siswa mencapai 70,66% sedangkan setelah belajar menggunakan modul yang telah dikembangkan nilai ketuntasan siswa secara klasikal mencapai 84,67%. Berdasarkan nilai persentase rata-rata siswa setelah menggunakan modul yang dikembangkan mencapai 81% -100%, maka pengembangan modul tersebut dinyatakan efektif untuk digunakan.

Keyword

pengembangan, modul, IPA, dan hasil belajar

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade