Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick didukung Media Ular Tangga Terhadap Kemampuan Memahami Materi Globalisasi Siswa Kelas IV SDN Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2016 / 2017


Author (Penulis)

ROSI PUTRI DIKARINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0064

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi pada tanggal 14 Januari 2017 di SDN Kudu Kecamatan Kertosono bahwa peserta didik cenderung mengharapkan gurunya mengajar dengan lebih santai dan menggairahkan. Persoalannya adalah guru seringkali kurang memahami bentuk – bentuk model pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penguasaan materi kemampuan memahami materi globalisasi dengan menerapkan metode ceramah. (2) Penguasaan materi kemampuan memahami materi globalisasi dengan menerapkan model talking stick didukung media ular tangga. (3) Pengaruh penggunaan model talking stick didukung media ular tangga terhadap kemampuan memahami materi globalisasi siswa kelas IV SDN Kudu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian ‘Quasi Experimental Design’ dengan bentuk ‘Nonequivalent Control Group Design’. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Kudu 1 dan Kudu 2 Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar test berupa soal pilihan ganda, dan lembar obeservasi. Untuk menganalisis data ini peneliti menggunakan program SPSS 16 for windows. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Kudu 1 masih rendah dengan diterapkan metode ceramah, dapat dilihat dari ketuntasan nilai nilai KKM 75 hanya 3 siswa mendapat nilai diatas KKM dan 12 siswa mendapat nilai dibawah KKM. (2) Hasil belajar siswa kelas IV SDN Kudu 2 sudah baik dengan menggunakan model talking stick didukung media ular tangga dalam pembelajaran, dapat dilihat dari ketuntasan nilai KKM 65 sebanyak 21 siswa mendapat nilai diatas KKM. (3) Ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model talking stick didukung media ular tangga dengan menggunakan metode ceramah. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa data t hitung sebesar 4.859, sedangkan t tabel dengan menggunakan taraf signifikan 5% adalah sebesar 1.680, disimpulkan t hitung > t tabel. artinya “ (Ho) ditolak, dan (H1) diterima. kesimpulannya ada pengaruh model talking stick didukung media ular tangga terhadap kemampuan memahami materi globalisasi siswa kelas IV SDN Kudu Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Model, Talking Stick, Media, Ular Tangga, Globalisasi

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 10 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI