PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ENERGI PANAS DAN BUNYI YANG TERDAPAT DI LINGKUNGAN SEKITAR SERTA MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS IV SDN BURENGAN 4 KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SATRIO PUJI UTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0063

Abstract

ABSTRAK Satrio Puji Utomo. Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Energi Panas Dan Energi Bunyi Yang Terdapat Dilingkungan Sekitar Serta Mendeskripsikan Sifat-sifatnya Pada Siswa Kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran IPA di SDN Burengan 4, siswa masih memiliki pemahaman konsep yang rendah dan jauh dari harapan. Pernyataan tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai ulangan harian yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang sudah ditetapkan oleh guru. Hal ini dikarenakan guru mendominasi proses pembelajaran, ini menyebabkan proses pembelajaran yang monoton selain itu siswa akan merasa bosan dan lebih bersifat pasif. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Student Facilitator and Explaining didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta mendeskripsikan sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri. Serta adakah pengaruh setelah menggunakan model Student Facilitator and Explaining didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta mendeskripsikan sifat-sifatnya pada Siswa Kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian One-Group Pretest-Posttest Disign. Menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 41 siswa dan obyek penelitian SDN Burengan 4 Kota Kediri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa RPP dan teknik pengumpulan data berupa tes, yaitu pre-test dan post-test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta mendeskripsikan sifat-sifatnya sebelum menggunakan model student facilitator and explaining didukung media visual dengan ketuntasan klasikal 33% masih di bawah KKM ? 72%, sedangkan sesudah menggunakan model student facilitator and explaining didukung media visual dengan ketuntasan klasikal 74% sudah meningkat diatas KKM ? 72%. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dengan membandingkan mean pre-test 62.12 < mean post-test 73.80 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan model student facilitator and explaining didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta mendeskripsikan sifat-sifatnya pada siswa kelas IV SDN Burengan 4 Kota Kediri. Kata kunci: model facilitator and explaining, media visual, kemampuan mengidentifikasi energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta mendeskripsikan sifat-sifatnya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 02 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI