ANALISIS KESALAHAN PILIHAN KATA DAN EJAAN PADA KARANGAN BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA KELAS V SDN SELODONO KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN 2016/2017


Author (Penulis)

WINDHI PANGESTU RINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0062

Abstract

ABSTRAK Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah ditemukannya beberapa bentuk kesalahan berbahasa pada karangan meliputi kesalahan penggunaan pilihan kata dan ejaan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pilihan kata dan ejaan yang terdapat dalam karangan siswa kelas V SDN Selodono Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri. Kesalahan pilihan kata dan ejaan tersebut mencakup: (1)bentuk ketidaktepatan pilihan kata, (2) bentuk ketidaksesuaian pilihan kata, (3) bentuk kesalahan penulisan huruf kapital dan kecil, (4) bentuk kesalahan penulisan kata yang mencakup kata depan di, ke, dari, partikel pun, angka dan bilangan, kata ganti ku-, kau-, -ku, -mu, dan –nya, dan (5) bentuk kesalahan pemakaian tanda baca yang mencakup titik (.), koma (,), hubung (-), dan tanda titik dua (:). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Selodono sebanyak 36 siswa. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan human instrument atau peneliti itu sendiri. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik baca markah dan teknik hubung banding. Adapun tahapan dalam teknik analisis data yaitu kategorisasi, tabulasi, dan pendiskripsian.Keabsahan data diperoleh dengan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebanyak 796 kesalahan yang mencakup: (1) 81 ketidaktepatan pilihan kata atau 10,18%; (2) 36 ketidaksesuaian pilihan kata atau 4,52%; (3) 317 kesalahan penulisan huruf atau 39,82%; (4) 188 kesalahan penulisan kata atau 23,62%, dan (5) 174 kesalahan penggunaan tanda baca atau 21,86%. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, masih banyak ditemukan kesalahan pilihan kata dan ejaan pada karangan.Dengan demikian, disarakan bagi guru untuk memberikan contoh penggunaan bahasa bagi siswa baik secara lisan maupun terulis dalam pembelajaran. Kata kunci: kesalahan berbahasa, karangan, pilihan kata, ejaan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI