PENGARUH MODEL CONCEPT SENTENCE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DENGAN MEMPERHATIKAN PENGGUNAAN EJAAN, HURUF KAPITAL DAN TANDA TITIK SISWA KELAS III SDN KARANGPAKIS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

ELYSA FERYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0061

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan menulis siswa masih rendah karena di dalam pembelajaran siswa cenderung pasif dan tidak terlibat langsung di dalam pembelajaran, siswa hanya sebagai penerima informasi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa tidak bisa menyampaikan pemikirannya yang imajinatif dalam tulisan. Permasalahan penelitiam ini adalah (1) Bagaimana kemampuan siswa kelas III SDN Karangpakis Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik sebelum menggunakan Model Concept Sentence ? (2) Bagaimana kemampuan siswa kelas III SDN Karangpakis Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik sesudah menggunakan Model Concept Sentence ? (3) Apakah penggunaan Model Concept Sentence berpengaruh terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik pada siswa kelas III SDN Karangpakis Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017 ? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian Nonrandomized Control Group Pretes-Postes Design dan data yang diperoleh berupa angka yaitu hasil tes siswa yang menunjukkan kuantitas. Analisis data yang digunakan rumus uji t. Untuk mendapatkan data, pada penelitian ini menggunakan rubrik unjuk kerja. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas III SDN Karangpakis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik sebelum menggunakan model pembelajaran Concept Sentence cenderung rendah/ kurang memuaskan. Berdasarkan data yang diperoleh dari post test kelas kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran Concept Sentence yaitu dari 20 siswa diperoleh nilai tertinggi sebasar 86, nilai terendah sebesar 53 dengan rata-rata nilai sebesar 68.3, siswa yang belum tuntas sebanyak 16 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih di bawah nilai rata-rata (KKM = 75). (2) Kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik sesudah menggunakan model pembelajaran Concept Sentence sudah sangat memuaskan dengan nilai rata-rata di atas KKM. Berdasarkan data yang diperoleh dari post test kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence yaitu dari 19 siswa diperoleh nilai tertinggi sebasar 100, nilai terendah sebesar 60, dengan rata-rata nilai sebesar 84.9, siswa yang belum tuntas 1 siswa dan 18 siswa sudah di atas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di atas nilai rata-rata (KKM = 75). (3) Penggunaan model pembelajaran Concept Sentence memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital, dan tanda titik pada siswa kelas III SDN Karangpakis Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh bahwa t hitung > t tabel yaitu 5,204 > 2,026 dan Sig 2-tailed 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan 5%.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 06 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI