PENGARUH MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS 5 SDN BABADAN 4 KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2016/2017
Author (Penulis)
YULI ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0060
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran IPA di
SD yang masih didominasi oleh peran guru, serta kegiatan pembelajaran yang selalu menggunakan
metode ceramah saja tanpa adanya penggunaan model media pembelajaran. Hal tersebut
mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menjadi rendah. Salah satu
upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepatdigunakan
yaitu metodeInside-Outside Circle.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifatsifat cahaya
tanpa menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle didukung media realia
siswa kelas V SDN Babadan 4 Nganjuk Tahun 2016/2017? (2) Bagaimanakah kemampuan
mendeskripsikan sifat-sifatcahaya dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle
didukung media realia siswa kelas V SDN Babadan 4 Nganjuk Tahun 2016/2017? (3) Adakah
pengaruh yang signifikan model Inside-Outside Circle didukung media realia terhadap hasil belajar
siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Babadan 4 Kabupaten Nganjuk Tahun
Ajaran 2016/2017?
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Babadan 4
yakni kelas Va (kelompok eksperimen) dan kelas Vb (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data
berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa
menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle didukung media realia siswa Kelas V SDN
Babadan 4 Kabupaten Nganjuk mendapat hasil di atas KKM yaitu 54% dan di bawah KKM 46%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan
menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle didukung media realia siswa Kelas V SDN
Babadan 4 Kabupaten Nganjuk mendapat hasil di atas KKM yaitu 82,45% dan di bawah KKM yaitu
17,55%. Ada pengaruh yang signifikan model Inside-Outside Circledidukung media realia terhadap
hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya Kelas V SDN Babadan 4 Kabupaten
Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017 diketahui bahwa hasil uji t-tes dapat dilihat hasil dari t-hitung
adalah 3,021 , dengan demikian t-hitung lebih besar dari pada t-tabel 5% yaitu 2,021.
KATA KUNCI : Model Inside-Outside Circle, Media Realia, Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.