PENGARUH MODEL INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DIDUKUNG MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS 5 SDN BABADAN 4 KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

YULI ANDRIANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

13.1.01.10.0060

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti, bahwa pada pembelajaran IPA di SD yang masih didominasi oleh peran guru, serta kegiatan pembelajaran yang selalu menggunakan metode ceramah saja tanpa adanya penggunaan model media pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar mendeskripsikan sifat-sifat cahaya menjadi rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dibutuhkan model pembelajaran yang tepatdigunakan yaitu metodeInside-Outside Circle. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifatsifat cahaya tanpa menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle didukung media realia siswa kelas V SDN Babadan 4 Nganjuk Tahun 2016/2017? (2) Bagaimanakah kemampuan mendeskripsikan sifat-sifatcahaya dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle didukung media realia siswa kelas V SDN Babadan 4 Nganjuk Tahun 2016/2017? (3) Adakah pengaruh yang signifikan model Inside-Outside Circle didukung media realia terhadap hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya kelas V SDN Babadan 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Babadan 4 yakni kelas Va (kelompok eksperimen) dan kelas Vb (kelompok kontrol). Teknik pengumpulan data berupa tes, dengan menggunakan jenis penilaian tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya tanpa menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle didukung media realia siswa Kelas V SDN Babadan 4 Kabupaten Nganjuk mendapat hasil di atas KKM yaitu 54% dan di bawah KKM 46%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle didukung media realia siswa Kelas V SDN Babadan 4 Kabupaten Nganjuk mendapat hasil di atas KKM yaitu 82,45% dan di bawah KKM yaitu 17,55%. Ada pengaruh yang signifikan model Inside-Outside Circledidukung media realia terhadap hasil belajar siswa dalam mendeskripsikan sifat-sifat cahaya Kelas V SDN Babadan 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017 diketahui bahwa hasil uji t-tes dapat dilihat hasil dari t-hitung adalah 3,021 , dengan demikian t-hitung lebih besar dari pada t-tabel 5% yaitu 2,021. KATA KUNCI : Model Inside-Outside Circle, Media Realia, Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 09 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI