Pengaruh Model Pengajaran Penelitian Yuridis Terhadap Kemampuan Mengenal Permasalahan Sosial Pada Siswa Kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017
Author (Penulis)
DIANTY PRATIWININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
13.1.01.10.0059
Abstract
ABSTRAK
Dianty Pratiwiningtyas: Pengaruh Model Pengajaran Penelitian Yuridis
Terhadap Kemampuan Mengenal Permasalahan Sosial Pada Siswa Kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017, Skripsi, Program Studi PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Kata kunci: model pengajaran penelitian yuridis, permasalahan sosial, psikomotor, aspek berbicara.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi awal bahwa kemampuan berbicara siswa masih rendah karena di dalam pembelajaran siswa cenderung pasif dan tidak terlibat langsung di dalam pembelajaran, siswa hanya sebagai penerima informasi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa tidak bisa menyalurkan pendapatnya secara lisan. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut terdapat solusi diantaranya adalah menggunakan model Pengajaran Penelitian Yuridis..
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh penggunaan model Pengajaran Konvensional/ceramah terhadap kemampuan berbicara pada materi mengenal permasalahan sosial siswa kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017? (2) Adakah pengaruh penggunaan model Pengajaran Penelitian Yuridis terhadap kemampuan berbicara pada materi mengenal permasalahan sosial siswa kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017? (3) Adakah perbedaan penggunaan Model Pengajaran Konvensional/ceramah dengan Pengajaran Penelitian Yuridis terhadap kemampuan berbicara pada materi mengenal permasalahan sosial siswa kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang diperoleh berupa angka yaitu hasil tes siswa dan untuk mendapatkan data menggunakan rubrik unjuk kerja.Sampel yang digunakan yaitu kelas IV di SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian (1) Ada pengaruh penggunaan model Pengajaran Konvensional/ceramah terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017. (2) Ada pengaruh penggunaan model Pengajaran Penelitian Yuridis terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan model Pengajaran Konvensional/ceramah dengan model Pengajaran Penelitian Yuridis terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Katerban Kecamtan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah model Pengajaran Penelitian Yuridis berpengaruh terhadap kemampuan mengenal permasalahan sosial di daerahnya pada siswa kelas IV SDN Katerban Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Tahun 2016/2017.